IMPLEMENTASI PROGRAM PEMBELAJARAN BAHASA JAWA KELAS VIII BERBASIS E-LEARNING MELALUI APLIKASI SMARTJITEK DI SMP NEGERI 1 KRETEK

Rizaldi, Taufik (2022) IMPLEMENTASI PROGRAM PEMBELAJARAN BAHASA JAWA KELAS VIII BERBASIS E-LEARNING MELALUI APLIKASI SMARTJITEK DI SMP NEGERI 1 KRETEK. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
fulltext_taufik rizaldi_15105241035.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi tingkat kesesuaian perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi program pembelajaran Bahasa Jawa kelas VIII berbasis e-learning melalui Aplikasi SMARTJITEK di SMP Negeri 1 Kretek dengan standar penilaian keberhasilan program e-learning. Penelitian ini merupakan penelitian evaluatif yang menggunakan model discrepancy dengan metode survei. Teknik pemilihan subjek dilakukan dengan teknik purposive sampling yang terdiri dari Kepala Sekolah, Guru TIK, Guru Bahasa Jawa, dan 18 siswa kelas VIII secara acak. Teknik pengumpulan data meliputi teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Analisis data dilakukan dengan cara membandingkan data yang terkumpul dengan rubrik standar penilaian skala 5. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Aspek perencanaan program pembelajaran Bahasa Jawa kelas VIII berbasis e-learning melalui Aplikasi SMARTJITEK di SMP Negeri 1 Kretek memperoleh rerata skor 4,5. Rerata tersebut menunjukkan bahwa tingkat keberhasilan dalam kategori sangat tinggi dengan jumlah keberhasilan mencapai 12 indikator; 2) Aspek pelaksanaan program pembelajaran Bahasa Jawa kelas VIII berbasis e-learning melalui Aplikasi SMARTJITEK di SMP Negeri 1 Kretek memperoleh rerata skor 4,15. Rerata tersebut menunjukkan bahwa tingkat keberhasilan dalam kategori tinggi dengan jumlah keberhasilan mencapai 13 indikator; 3) Aspek evaluasi program pembelajaran Bahasa Jawa kelas VIII berbasis e-learning melalui Aplikasi SMARTJITEK di SMP Negeri 1 Kretek memperoleh rerata skor 4. Rerata tersebut menunjukkan bahwa tingkat keberhasilan dalam kategori tinggi dengan jumlah keberhasilan mencapai 6 indikator. Rekomendasi yang diberikan terkait beberapa indikator yang belum mencapai standar keberhasilan yaitu kemandirian siswa, pemeliharaan sistem e-learning secara berkala, dan komunikasi siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: implementasi, program, e-learning, aplikasi SMARTJITEK.
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 27 Mar 2023 06:40
Last Modified: 27 Mar 2023 06:40
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/77211

Actions (login required)

View Item View Item