Hubungan Koordinasi Mata Tangan dan Kekuatan Otot Lengan terhadap Kemampuan Passing Bawah Peserta Ekstrakurikuler Bola Voli di SMK Negeri 1 Trucuk

Prakosa, Bima Aji (2023) Hubungan Koordinasi Mata Tangan dan Kekuatan Otot Lengan terhadap Kemampuan Passing Bawah Peserta Ekstrakurikuler Bola Voli di SMK Negeri 1 Trucuk. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan.

[img]
Preview
Text
fulltext_bima aji prakosa_18601244074.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya hubungan yang signifikan antara koordinasi mata tangan dengan kemampuan passing bawah pada peserta kegiatan bolavoli di SMK Negeri 1 Trucuk Penelitian ini termasuk jenis penelitian korelasi. Metode dalam penelitian ini adalah metode survei dengan instrumen penelitian menggunakan tes pengukuran. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik putra dan putri ekstrakurikuler bolavoli di SMK Negeri 1 Trucuk Kabupaten Klaten yang berjumlah 23 siswa, dan digunakan untuk menjadi sampel sehingga disebut sebagai penelitian populasi. Teknik analisis data menggunakan korelasi product momen dan analisis regresi berganda dengan taraf signifikan 5 %. Hasil penelitian hipotesis 1 diperoleh harga r hitung = 0,704> r(0.05)(23) = 0,413, diartikan ada hubungan yang signifikan antara koordinasi mata tangan terhadap kemampuan passing bawah peserta didik ekstrakulikuler bola voli di SMK N 1 Trucuk. Hasil hipotesis 2 diperoleh harga r hitung = 0,441 > rtabel (0.05)(23) = 0,413, diartikan ada hubungan yang siginifikan antara kekuatan otot lengan terhadap kemampuan passing bawah peserta didik ekstrakulikuler bola voli di SMK N 1 Trucuk. Hasil uji hipotesis 3 diketahui harga F hitung 10,152 > F tabel (3,49), diartikan ada hubungan yang signifikan antara koordinasi mata tangan dan kekuatan otot lengan terhadap kemampuan passing bawah peserta didik ekstrakulikuler bola voli di SMK N 1 Trucuk.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Yuyun Ari Wibowo, M.Or.
Uncontrolled Keywords: koordinasi mata tangan, kekuatan otot lengan, kemampuan passing bawah
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 30 Mar 2023 03:18
Last Modified: 30 Mar 2023 03:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/77209

Actions (login required)

View Item View Item