Hubungan Antara Perseptual Motorik dan Keseimbangan dengan Keterampilan Penerimaan Bola Pertama Pada Peserta Ekstrakurikuler Sepak Takraw Sekolah Dasar di Kabupaten Cilacap

Hunaini, Isna Nur (2023) Hubungan Antara Perseptual Motorik dan Keseimbangan dengan Keterampilan Penerimaan Bola Pertama Pada Peserta Ekstrakurikuler Sepak Takraw Sekolah Dasar di Kabupaten Cilacap. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan.

[img]
Preview
Text
fulltext_isna nur hunaini_19601241005.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui : (1) hubungan antara perseptual motorik dengan keterampilan penerimaan bola pertama pada peserta ekstrakurikuler sepak takraw Sekolah Dasar di Kabupaten Cilacap. (2) hubungan antara keseimbangan dengan keterampilan penerimaan bola pertama pada peserta ekstrakurikuler sepak takraw Sekolah Dasar di Kabupaten Cilacap. (3) hubungan antara perseptual motorik dan keseimbangan dengan keterampilan penerimaan bola pertama pada peserta ekstrakurikuler sepak takraw Sekolah Dasar di Kabupaten Cilacap. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode korelasional. Populasi dalam penelitian terdiri dari peserta ekstrakurikuler sekolah dasar di Kabupaten Cilacap berjumlah 32 siswa. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini yaitu purposive sampling, sampel yang memenuhi kriteria berjumlah 24 anak. Instrumen yang digunakan untuk mengukur perseptual motorik yaitu pengukuran dengan balok keseimbangan, keseimbangan dengan stork stand, dan keterampilan penerimaan bola pertama menggunakan tes penerimaan bola pertama. Teknik analisis yang digunakan yaitu analisis uji t, uji f, dan analisis berganda. Uji hipotesis pertama diperoleh nilai thitung > ttabel yaitu 4,720 > 2,080, maka terdapat hubungan antara perseptual motorik terhadap kemampuan penerimaan bola pertama peserta ekstrakurikuler sepak takraw di Kabupaten Cilacap. Uji hipotesis kedua diperoleh nilai thitung > ttabel yaitu 2,129 > 2,080, maka terdapat hubungan antara keseimbangan terhadap kemampuan penerimaan bola pertama peserta ekstrakurikuler sepak takraw di Kabupaten Cilacap. Uji hipotesis ketiga diperoleh nilai Fhitung adalah 11,024 dan nilai Ftabel adalah 3,44. Fhitung > Ftabel, maka terdapat hubungan antara perseptual motorik dan keseimbangan dengan keterampilan penerimaan bola pertama peserta ekstrakurikuler sepak takraw sekolah dasar di Kabupaten Cilacap.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Yudanto, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: perseptual motorik, keseimbangan, receive
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 27 Mar 2023 06:14
Last Modified: 27 Mar 2023 06:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/77208

Actions (login required)

View Item View Item