PENGEMBANGAN MEDIA BUKU CERITA BERGAMBAR BERBASIS PENDIDIKAN SEKS UNTUK ANAK KELAS IV DI SD NEGERI SAMIRONO

Fauzi, Syukron (2022) PENGEMBANGAN MEDIA BUKU CERITA BERGAMBAR BERBASIS PENDIDIKAN SEKS UNTUK ANAK KELAS IV DI SD NEGERI SAMIRONO. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
fulltext_syukron fauzi_16105241032.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah produk media buku cerita bergambar berbasis pendidikanb seks yng sesuai untuk anak. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan. Pengembangan buku cerita bergambar ini menggunaklan model Borg & Gall. Proses pengembangan buku cerita bergambar ini mengikuti sembilan langkah dari Borg & Gall yaitu (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain, (6) uji coba produk, (7) revisi produk, (8) uji coba pemakaian, (9) revisi produk. Instrumen dalam penelitian ini adalah daftar pertanyaan wawancara dan kuesioner. Wawancara digunakan untuk analsis kebutuhan guru kelas IV SD Negeri Samirono, sedangkan kuesioner digunakan untuk validasi kualitas buku cerita bergambar. Berdasarkan hasil validasi, validasi ahli materi memperoleh skor akhir sebesar 3,75, validasi akhir ahli media memperoleh skor akhir 4,46, validasi guru kelas IV memperoleh skor akhir 4,31. Rerata skor validasi yaitu 4,17 dengan kategori "Baik", sehingga layak untuk diuji cobakan. Dari hasil uji coba yang dilakukan, didapatkan bahwa kualitas buku cerita bergambar yang dihasilkan termasuk kedalam kategori "Sangat Baik" dengan skor rata-rata 4,9.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: penelitian pengembangan, buku cerita bergambar, pendidikan seks untuk anak
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 27 Mar 2023 03:23
Last Modified: 27 Mar 2023 03:23
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/77203

Actions (login required)

View Item View Item