EVALUASI IMPLEMENTASI SISTEM KREDIT SEMESTER SEBAGAI LAYANAN PENDIDIKAN SISWA BERBAKAT AKADEMIK DI SMA NEGERI KOTA BANDUNG

SETIAWAN, ROBIANSYAH (2022) EVALUASI IMPLEMENTASI SISTEM KREDIT SEMESTER SEBAGAI LAYANAN PENDIDIKAN SISWA BERBAKAT AKADEMIK DI SMA NEGERI KOTA BANDUNG. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
fulltext_robiansyah setiawan_17729251017.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi implementasi Sistem Kredit Semester (SKS) sebagai layanan pendidikan siswa berbakat akademik di SMA Negeri Kota Bandung. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan desain penelitian menggunakan model CIPP (Context, Input, Process, Product). Subjek penelitian ini yaitu SMA Negeri yang menyelenggarakan SKS di Kota Bandung yaitu SMA Negeri 1, SMA Negeri 3, SMA Negeri 4, dan SMA Negeri 10. Penentuan sampel menggunakan purposive sampling, sebanyak 34 responden SBA dan 40 responden tenaga pendidik dengan kriteria responden yang dijadikan sampel sebagai berikut: 1) 4 Kepala Sekolah; 2) 4 Wakil Kepala Sekolah bagian Kurikulum; 3) 4 Guru Bimbingan Konseling; 4) 12 Guru Wali Kelas/ Pembimbing Akadamik; dan 5) 16 Guru Bidang Studi/ Mata Pelajaran. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner dan analisis dokumen. Untuk uji validitas instrumen dilakukan menggunakan face validity dan content validity melalui expert judgement. Untuk reliabilitas instrumen menggunakan Cronbach Alpha pada SPSS program dengan perolehan skor sebesar 0,986 atau kategori “sangat tinggi”. Teknik analisis data terkait data kuantitatif dilakukan dengan mengkategorikan hasil dari kuisioner untuk mengetahui tinggi rendahnya tingkat ketercapaian pada setiap aspek yang dievaluasi, sedangkan data kualitatif dalam penelitian ini melalui kondensasi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Evaluasi context menunjukkan implementasi SKS sebagai layanan pendidikan siswa berbakat di SMA Negeri Kota Bandung memperoleh skor 3,66 dengan predikat “Sangat Baik”; 2) Evaluasi input menunjukkan implementasi SKS sebagai alternatif pendidikan siswa berbakat di SMA Negeri Kota Bandung memperoleh skor 3,66 dengan predikat “Sangat Baik”; 3) Evaluasi process menunjukkan implementasi SKS sebagai layanan pendidikan siswa berbakat di SMA Negeri Kota Bandung memperoleh skor 3,57 dengan predikat “Sangat Baik”; dan 4) Evaluasi product menunjukkan implementasi SKS sebagai layanan pendidikan siswa berbakat di SMA Negeri Kota Bandung memperoleh skor 3,59 dengan predikat “Sangat Baik”. Berdasarkan hasil data yang diperoleh tersebut, dapat disimpulkan bahwa SMA Negeri di Kota Bandung telah mengimplementasikan SKS dengan predikat “Sangat Baik” sesuai pedoman penyelenggaraan SKS yang disempurnakan sebagai layanan pendidikan siswa berbakat akademik. Penelitian ini menyarankan sampel memungkinkan untuk diperluas dengan membandingkan antar daerah maupun nasional. Ketercapaian implementasi pada setiap daerah memungkinkan berbeda karena kompetensi SDM pada setiap daerah belum merata.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: siswa berbakat akademik, sistem kredit semester, SMA Negeri Kota Bandung
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 27 Mar 2023 00:56
Last Modified: 27 Mar 2023 00:56
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/77192

Actions (login required)

View Item View Item