Hubungan Aktivitas Fisik dan Kebugaran Jasmani dengan Prestasi Belajar PJOK Peserta Didik Kelas VIII di SMP Negeri 5 Purbalingga

Setiabudi, Feri (2023) Hubungan Aktivitas Fisik dan Kebugaran Jasmani dengan Prestasi Belajar PJOK Peserta Didik Kelas VIII di SMP Negeri 5 Purbalingga. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan.

[img]
Preview
Text
fulltext_feri setiabudi_18601241036.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Hubungan aktivitas fisik dengan prestasi belajar PJOK peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 5 Purbalingga. (2) Hubungan kebugaran jasmani dengan prestasi belajar PJOK peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 5 Purbalingga. (3) Hubungan antara aktivitas fisik dan kebugaran jasmani dengan prestasi belajar PJOK peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 5 Purbalingga. Jenis penelitian ini yaitu kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Populasi dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 5 Purbalingga yang berjumlah 125 peserta didik yang diambil berdasarkan teknik total sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, kuesioner, dan nilai raport. Instrumen aktivitas fisik diukur menggunakan The Physical Activity Questionnaire for Adolescent (PAQ-A), kebugaran jasmani menggunakan TKJI untuk anak usia 13-15 tahun, dan prestasi belajar PJOK berdasarkan nilai raport. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Ada hubungan yang signifikan antara aktivitas fisik dengan prestasi belajar PJOK peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 5 Purbalingga, dengan nilai r hitung 0,678 dan sumbangan efektif sebesar 32,42%. (2) Ada hubungan yang signifikan antara kebugaran jasmani dengan prestasi belajar PJOK peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 5 Purbalingga, dengan nilai r hitung 0,615 dan sumbangan efektif sebesar 18,18%. (3) Ada hubungan yang signifikan antara aktivitas fisik dan kebugaran jasmani dengan prestasi belajar PJOK peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 5 Purbalingga, dengan nilai F hitung 63,764 dan sumbangan sebesar 51,10%.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Indah Prasetyawati Tri Purnama Sari, M.Or.
Uncontrolled Keywords: aktivitas fisik, kebugaran jasmani, prestasi belajar PJOK
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 24 Mar 2023 07:57
Last Modified: 24 Mar 2023 07:57
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/77173

Actions (login required)

View Item View Item