PENGEMBANGAN E-MODUL UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN READING DAN KEMANDIRIAN BELAJAR PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS SISWA SMA KELAS X

MARTAPUTRI, NURUL AULIA (2023) PENGEMBANGAN E-MODUL UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN READING DAN KEMANDIRIAN BELAJAR PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS SISWA SMA KELAS X. S2 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.

[img] Text
nurul aulia martaputri_20707251031.pdf
Restricted to Registered users only

Download (433kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Menghasilkan e-modul yang layak untuk meningkatkan pemahaman reading dan kemandirian belajar pada mata pelajaran Bahasa Inggris siswa SMA kelas X, 2) Menghasilkan e-modul yang praktis untuk meningkatkan pemahaman reading dan kemandirian belajar pada mata pelajaran Bahasa Inggris siswa SMA kelas X, 3) Menguji keefektifan e-modul dalam meningkatkan pemahaman reading dan kemandirian belajar pada mata pelajaran Bahasa Inggris siswa SMA kelas X. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R & D). Model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE yang terdiri atas lima tahapan yaitu: Analisis (analysis), desain (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation). Subjek pada penelitian pengembangan ini adalah siswa kelas X di tiga sekolah yaitu SMA Negeri 4 Yogyakarta, SMA Negeri 6 Yogyakarta, dan SMA Negeri 10 Yogyakarta. Uji coba terdiri atas uji coba perorangan dengan jumlah 9 siswa dan 1 guru bahasa inggris, pada uji coba kelompok kecil terdiri atas 15 siswa dan 1 guru bahasa inggris, dan pada uji coba lapangan terdiri atas 90 siswa dan 3 guru bahasa inggris. Penilaian kelayakan e-modul diuji oleh ahli media dan ahli materi sedangkan uji kepraktisan dinilai dari respon siswa dan guru bahasa inggris terhadap e-modul. Hasil uji kelayakan dan kepraktisan dianalisis secara kuantitatif dengan menggunakan konversi empat kriteria kelayakan dan kepraktisan. Uji efektivitas dilaksanakan pada 90 siswa dari 3 sekolah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini didapatkan melalui oberservasi, wawancara, angket, dan tes. Hasil penelitian menujukkan bahwa: 1) pengembangan e-modul layak untuk meningkatkan pemahaman reading dan kemandirian belajar pada mata pelajaran Bahasa Inggris siswa SMA kelas X yang didapatkan dari uji validasi media dan materi, uji validasi media memperoleh skor rerata 3,21 pada kategori “sangat layak” dan uji validasi materi memperoleh skor rerata 3,63 pada kategori “sangat layak”, 2) pengembangan e-modul praktis untuk meningkatkan pemahaman reading dan kemandirian belajar pada mata pelajaran Bahasa Inggris siswa SMA kelas X, tingkat kepraktisan e-modul dinilai berdasarkan respon guru dengan memperoleh skor rerata 3,61 kategori “sangat praktis” dan respon siswa sebesar 3,42 dengan kategori “sangat praktis”, 3) Tingkat keefektifan e-modul dilakukan dengan uji keefektifan menggunakan uji N-Gain yang menunjukkan hasil bahwa penggunaan e-modul cukup efektif dalam meningkatkan pemahaman reading dan kemandirian belajar siswa dengan nilai signifikansi > 0.05.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: E-module, reading comprehension, self-regulated learning
Subjects: Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 29 Mar 2023 02:13
Last Modified: 29 Mar 2023 02:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/77161

Actions (login required)

View Item View Item