EVALUASI PROGRAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SMP NEGERI 1 BANTUL

Rohim, Abdur (2020) EVALUASI PROGRAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SMP NEGERI 1 BANTUL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
fulltext_abdur rohim_15105241053.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Tujuan dari penelitan ini untuk mengevaluasi program pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMP Negeri 1 Bantul dengan menggunakan model evaluasi CIPP (Context, Input, Process, Product). Penelitian ini merupakan penelitian evaluatif dengan model evaluasi CIPP (Context, Input, Process, Product). Waktu penelitian dilakukan selama bulan Oktober 2019 di SMP Negeri 1 Bantul. Subjek penelitian adalah siswa, guru, dan kepala sekolah. Objek penelitian terdiri dari: analisis kebutuhan, latar belakang program, sasaran program, kompetensi pendidik, kesiapan siswa, sarana dan prasarana, kualitas penyajian materi, pelaksanaan program, faktor pendukung dan penghambat program, dan hasil belajar. Data dikumpulkan dengan observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan model interaktif yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) context: (a) latar belakang sudah berlandaskan pada penerapan kurikulum 2013 dan misi sekolah, (b) analisis kebutuhan sudah mencakup analisis kebutuhan teknis dan sosial, (c) sasaran program sudah mengacu pada tujuan pembelajaran dalam Kompetensi Dasar (KD), (2) input: (a) latar belakang pendidikan guru yang mengajar telah sesuai dengan jurusan yang diambil dengan tingkatan S1/D4 Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI), (b) kesiapan siswa dalam pembelajaran sudah sesuai dengan standarnya, (c) kesesuaian sarana dan prasarana sudah bisa menunjang pembelajaran, (d) kualitas penyajian materi yang disajikan guru kurang menarik minat siswa, (3) process: (a) guru sudah mampu menyusun dan memperbaiki materi serta evaluasi siswa melalui ulangan, tugas sekolah, mid semester, dan ujian akhir semester serta melakukan remedial apabila nilai tidak sesuai KKM, (b) faktor pendukung program lebih sedikit dibanding faktor penghambat program, salah satu faktor penghambat paling terasa adalah terbatasnya tenaga pendidikan PAI, (4) context: hasil belajar sudah mencapai kesesuaian tujuan utama pembelajaran dengan manfaat belajar PAI.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Evaluasi Context Input Process Product (CIPP), Pendidikan Agama Islam (PAI)
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 24 Mar 2023 01:36
Last Modified: 24 Mar 2023 01:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/77160

Actions (login required)

View Item View Item