PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF MATA PELAJARAN IPA MATERI TEMA ORGAN GERAK HEWAN DAN MANUSIA UNTUK KELAS V SD NEGERI SINDUADI 1 YOGYAKARTA

Muzaki, Muhammad Irsad (2020) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF MATA PELAJARAN IPA MATERI TEMA ORGAN GERAK HEWAN DAN MANUSIA UNTUK KELAS V SD NEGERI SINDUADI 1 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
fulltext_muhammad irsad muzaki_15105241021.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian multimedia interaktif ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif yang dapat digunakan untuk kegiatan pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam tentang Organ Gerak Hewan dan Manusia bagi siswa kelas V SD Negeri Sinduadi 1. Pengembangan yang digunakan pada penelitian ini mengunakan jenis penelitian dan pengembangan (research and development) yang mana prosedur pengembangannya menggunakan Borg & Gall (1983). Sebelum diujicobakan kepada siswa multimedia interaktif yang dikembangkan terlebih dahulu divalidasi oleh ahli media sebanyak tiga kali validasi dan validasi oleh ahli materi sebanyak satu kali. Pada penelitian ini subjek uji coba berjumlah 18 siswa kelas V A dan 32 siswa kelas V B. Uji coba lapangan awal melibatkan 6 siswa kelas V A, uji coba lapangan utama melibatkan 12 siswa kelas V A, dan uji coba pelaksanaan lapangan melibatkan 32 siswa kelas V B. Angket uji kelayakan ahli media, angket uji kelayakan ahli materi, dan angket uji kelayakan pengguna menjadi instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data. Hasil penelitian ini adalah 1) Validasi ahli media mendapat rata-rata skor 5 “Sangat Baik”, 2) Validasi ahli materi mendapatkan nilai rata-rata skor 4,43 “Baik”, 3) uji coba lapangan awal mendapat nilai rata-rata skor 4,6 “Sangat Baik”, 4) uji coba lapangan utama mendapatkan nilai rata-rata skor 4,7 “Sangat Baik”, 5) uji coba pelaksanaan lapangan mendapatkan nilai rata-rata skor 4,7 “Sangat Baik”. Data yang diperoleh menunjukan bahwa multimedia interaktif yang dikembangkan layak digunakan pada proses pembelajaran. Karakteristik dari media yang diteliti ini dapat mendorong pengetahuan siswa dengan gambaran kongkrit tentang materi, petuntuk penggunaan mudah dipahami dan desain memudahkan dalam menerima informasi yang disajikan. Penelitian pengembangan ini sebaiknya dimanfaatkan untuk guru agar kegiatan pembelajaran lebih bervariasi dan digunakan siswa untuk belajar dimana saja.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: multimedia interaktif, organ gerak hewan dan manusia.
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 24 Mar 2023 01:09
Last Modified: 24 Mar 2023 01:09
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/77152

Actions (login required)

View Item View Item