Pembinaan Perilaku Adaptif Bagi Anak Disabilitas Intelektual Ringan Melalui Kolaborasi Guru Kelas, Guru Pembimbing Khusus dan Orang Tua

Fitri, Yuana Rizki (2022) Pembinaan Perilaku Adaptif Bagi Anak Disabilitas Intelektual Ringan Melalui Kolaborasi Guru Kelas, Guru Pembimbing Khusus dan Orang Tua. S2 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
fulltext_yuana rizki fitri_19729251006.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan dan menguji proses pembinaan perilaku adaptif anak disabilitas intelektual ringan melalui kolaborasi antara guru kelas, guru pembimbing khusus, dan orang tua pada aspek communication, daily living skills, socialization, motor skills, and maladaptive behavior. Dan (2) mendeskripsikan dan menguji kemampuan perilaku adaptif anak disabilitas intelektual ringan pada aspek communication, daily living skills, socialization, motor skills, and maladaptive behavior setelah mendapatkan pembinaan melalui kolaborasi guru kelas, guru pembimbing khusus, dan orang tua. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian dilakukan di SD Negeri Giwangan yang terletak di Jln. Tegal Turi, Giwangan Yogyakarta. Subjek penelitian adalah 1 orang siswa disabilitas intelektual ringan, yang menjadi responden yaitu guru kelas, guru pembimbing khusus dan orang tua. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, studi dokumentasi dan kuesioner. Pengembangan kuesioner mengadopsi teori The Vineland Adaptive Behavior Scale, Third Edition (Vineland-3), yang divalidasi oleh para ahli di bidang disabilitas intelektual dan perilaku adaptif. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan reduksi data, penyajian data, dan membuat kesimpulan. Hasil penelitian (1) proses pembinaan perilaku adaptif disesuaikan dengan karakteristik dan kondisi anak. Strategi yang dilakukan oleh guru kelas, guru pembimbing khusus, dan orang tua yaitu memberikan bimbingan kepada anak secara konsisten, rutin, dan resiprokal, Pembinaan perilaku adaptif anak sangat penting, karena perilaku adaptif yang baik akan membantu anak ketika berinteraksi di dalam suatu kelompok atau masyarakat. (2) Kemampuan perilaku adaptif anak setelah mendapatkan pembinaan melalui kolaborasi antara guru kelas, guru pembimbing khusus dan orang tua, yaitu anak disabilitas intelektual ringan dapat berkomunikasi dan melakukan aktivitas sehari-hari, anak dapat berinteraksi dengan orang lain di sekolah dan di masyarakat. Kemampuan motorik anak sangat baik dan mampu dalam melakukan aktivitas yang melibatkan motorik halus dan motorik kasar. Selanjutnya, kemampuan perilaku maladaptifnya tidak terlalu menonjol dan tidak terlalu pasif. Dapat juga dijelaskan bahwa perilaku maladaptif anak tergolong sedang atau masih normal.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: perilaku adaptif, kolaborasi, anak disabilitas intelektual.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 21 Mar 2023 08:14
Last Modified: 21 Mar 2023 08:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/77132

Actions (login required)

View Item View Item