Pengaruh Dukungan Orang Tua Terhadap Tingkat Kecemasan Menghadapi Pertandingan Pada Atlet Sekolah Sepakbola (SSB) Satria Sembada Sleman

Ryzal, Mochammad Syamsul (2023) Pengaruh Dukungan Orang Tua Terhadap Tingkat Kecemasan Menghadapi Pertandingan Pada Atlet Sekolah Sepakbola (SSB) Satria Sembada Sleman. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan.

[img]
Preview
Text
fulltext_mochammad syamsul ryzal_19602244003.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dukungan orang tua terhadap tingkat kecemasan menghadapi pertandingan pada atlet SSB Satria Sembada Sleman. Penelitian ini merupakan ex post facto. Populasi penelitian adalah atlet sepakbola di SSB Satria Sembada Sleman yang berjumlah 63 atlet. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, dengan kriteria (1) bersedia menjadi sampel, (2) berusia 10-14 tahun, (3) pernah mengikuti pertandingan, (4) masih aktif berlatih. Berdasarkan kriteria tersebut yang memenuhi berjumlah 54 atlet. Instrumen dukungan orang tua dan tingkat kecemasan menghadapi pertandingan menggunakan angket. Analisis data menggunakan Correlation Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara dukungan orang tua dengan kecemasan menghadapi pertandingan pada atlet sepakbola di SSB Satria Sembada Sleman sebesar -0,394. Koefisein korelasi bernilai negatif, artinya jika dukungan orang tua yang dimiliki seorang atlet semakin tinggi/baik, maka kecemasan menghadapi pertandingan akan semakin rendah. Sumbangan dukungan orang tua dengan kecemasan menghadapi pertandingan pada atlet sepakbola di SSB Satria Sembada Sleman sebesar 15,52%.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Agus Supriyanto, M.Si.
Uncontrolled Keywords: dukungan, orang tua, kecemasan, sepakbola
Subjects: Olahraga > Kepelatihan
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 20 Mar 2023 08:15
Last Modified: 20 Mar 2023 08:16
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/77103

Actions (login required)

View Item View Item