PENANAMAN PENDIDIKAN KARAKTER DISIPLIN PADA SISWA KELAS III SD NEGERI KASIHAN SELAMA PEMBELAJARAN TATAP MUKA (PTM) TERBATAS

Prihanti, Lufi Anggita (2023) PENANAMAN PENDIDIKAN KARAKTER DISIPLIN PADA SISWA KELAS III SD NEGERI KASIHAN SELAMA PEMBELAJARAN TATAP MUKA (PTM) TERBATAS. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
fulltext_lufi anggita prihanti_17108244018.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini berfokus pada penanaman pendidikan karakter disiplin pada siswa kelas III SD Negeri Kasihan selama pembelajaran tatap muka terbatas yang belum pernah diungkap sebelumnya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penanaman pendidikan karakter disiplin selama pembelajaran tatap muka terbatas pada siswa kelas III SD Kasihan. Penelitian ini merupakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III, guru kelas III dan kepala sekolah SD Negeri Kasihan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan teori Miles & Huberman dengan menggunakan langkah-langkah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penanaman pendidikan karakter disiplin siswa kelas III dapat dilihat dari tiga aspek yaitu kedisiplinan peraturan, kedisiplinan waktu dan kedisiplinan sikap atau perilaku. Kedisiplinan peraturan pada siswa kelas III SD Negeri Kasihan dapat tertanam karena adanya ketegasan peraturan, pemberian sanksi, dan penghargaan sehingga dapat mendisiplinkan siswa. Kedisiplinan waktu siswa kelas III dapat terlihat dari konsistennya siswa dalam melaksanakan tugas sesuai dengan jadwal, siswa terbiasa tepat waktu serta siswa dididik untuk belajar menghargai dan membagi waktu yang mereka miliki. Sedangkan kedisiplinan sikap atau perilaku dapat terwujud karena adanya upaya menanamkan kedisiplinan melalui kegiatan rutin, pembiasaan, dan keteladanan. Pembiasaan dan keteladanan yang diberikan oleh guru kelas III dan kepala sekolah dapat mempengaruhi dan memotivasi siswa untuk bersikap disiplin.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: pendidikan karakter, disiplin, sekolah dasar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 17 Mar 2023 01:14
Last Modified: 26 Sep 2023 08:54
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/77050

Actions (login required)

View Item View Item