PENGELOLAAN PEMBELAJARAAN JARAK JAUH KELAS INKLUSI DI MASA PANDEMI VIRUS COVID-19 : STUDI KASUS PADA SD NEGERI MENDUT, MAGELANG, JAWA TENGAH

Wati, Tika Mustika (2022) PENGELOLAAN PEMBELAJARAAN JARAK JAUH KELAS INKLUSI DI MASA PANDEMI VIRUS COVID-19 : STUDI KASUS PADA SD NEGERI MENDUT, MAGELANG, JAWA TENGAH. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
fulltext_tika mustika wati_17105241040.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan mengenai pengelolaan khususnya pada sistem penyampaian pembelajaran jarak jauh, hambatan yang terjadi dalam pembelajaran jarak jauh dan upaya yang dilakukan untuk mengatasi hambatan yang terjadi di kelas inklusi SD Negeri Mendut, Magelang, Jawa Tengah. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus. Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru kelas IV, guru pendamping khusus dan siswa berkebutuhan khusus kelas IV sejumlah 9 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data dilakukan melalui triangulasi data. Teknik analisis data menggunkan model iteratif dari Miles, Hubermen, dan Saldana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : Tahap perencanaan meliputi need assesmen dan penyusunan RPP. Tahap pelaksanaan meliputi penyampaian materi, interaksi dalam pembelajaran, penggunaan metode pembelajaran, penggunaan sumber belajar, penggunaan platform media pembelajaran dan ketersediaan sarana prasarana. Pada tahap evaluasi pembelajaran yaitu menggunakan tes tertulis, lisan, dan praktik dengan tindak lanjut berupa remidial dan pengayaan. 2) Kendala dalam pengelolaan pembelajaran jarak jauh yaitu tidak makasimalnya guru dalam menyampaikan pembelajaran, mahalnya kuota, tidak stabilnya jaringan internet, siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi, 3) Upaya yang dilakukan oleh guru yaitu dengan memberikan bantuan kuota belajar untuk siswa, pembelajaran tatap muka terbatas, , guru membuatkan video, rangkuman materi yang nantinya diberikan kepada siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan Pembelajaran, Pembelajaran Jarak Jauh, Kelas Inklusi
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 27 Mar 2023 06:48
Last Modified: 27 Mar 2023 06:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/77012

Actions (login required)

View Item View Item