Pengaruh Jadwal Pelajaran PJOK dan Kompetensi Guru Terhadap Kecerdasan Emosional dan Minat Peserta Didik SMA Se-Kota Baubau

Jusri, Jusri (2023) Pengaruh Jadwal Pelajaran PJOK dan Kompetensi Guru Terhadap Kecerdasan Emosional dan Minat Peserta Didik SMA Se-Kota Baubau. S2 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan.

[img]
Preview
Text
fulltext_jusri_20633251005.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Permasalahan penelitian ini adalah masih terdapatnya hasil penelitian yang inkonsistensi mengenai tingkat kecerdasan emosional dan minat peserta didik yang mengikuti pelajaran PJOK. Banyak faktor yang mempengaruhinya diantaranya jadwal pelajaran dan kompetensi guru. Pada proses pembelajaran, jadwal pelajaran menjadi patokan kegiatan belajar oleh guru dan peserta didik. Jadwal pelajaran PJOK yang baik ditepatkan dengan cuaca saat pagi hari pada jam 07.00. Dengan cuaca yang sejuk, bisa memberikan rasa nyaman peserta didik dalam belajar. Dalam lingkungan sekolah juga peran terpenting berada pada guru, dengan memliki guru yang berkompeten maka akan menjadikan kualitas peserta didik yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelajaran PJOK dan kompetensi guru terhadap kecerdasan emosional dan minat peserta didik SMA se-Kota Baubau. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan jenis penelitian ex post facto digunakan untuk meneliti peristiwa yang telah terjadi, kemudian meruntut ke belakang untuk mengetahui faktor-faktor yang dapat menimbulkan hal tersebut. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster sampling, sehingga jumlah sampel keseluruhan 330 siswa dan 15 guru. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu kompetensi guru, kecerdasan emosional siswa dan minat siswa. Uji validitas instrumen menggunakan korelasi Product Moment Pearson. Uji reliabilitas menggunakan teknik Cronbach Alpha. Teknik analisis data yang digunakan menggunakan uji independent sample test dan uji regresi linear sederhana dengan diolah menggunakan aplikasi SPSS 16. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Kecerdasan emosional peserta didik SMA yang mengikuti jadwal PJOK pagi hari berbeda dengan yang mengikuti jadwal PJOK sore hari, dengan perbedaan nilai rata-rata sebesar 2,697. 2) Minat peserta didik yang mengikuti jadwal PJOK pagi hari berbeda dengan yang mengikuti jadwal PJOK sore hari dengan perbedaan nilai rata-rata sebesar 5,006. 3) Jadwal pelajaran PJOK berpengaruh terhadap kecerdasan emosional peserta didik, dengan nilai t hitung sebesar 3,300 > t tabel 1,97. 4) Jadwal pelajaran PJOK berpengaruh terhadap minat peserta didik, dengan nilai t hitung sebesar 4,813 > t tabel 1,97. 5) Kompetensi guru berpengaruh terhadap kecerdasan emosional peserta didik, dengan nilai t hitung 3,277 > t tabel sebesar 3,182. 6) Kompetensi guru berpengaruh terhadap minat peserta didik dengan nilai 3,426 > t tabel sebesar 3,182. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh jadwal pelajaran PJOK dan kompetensi guru terhadap kecerdasan emosional dan minat peserta didik SMA se-Kota Baubau.

Item Type: Thesis (S2)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Prof. Dr. Dimyati, M.Si.
Uncontrolled Keywords: jadwal pelajaran, kompetensi guru, kecerdasan emosional, minat
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 14 Mar 2023 03:33
Last Modified: 14 Mar 2023 03:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/76997

Actions (login required)

View Item View Item