IMPLEMENTASI PENGASUHAN ANAK DALAM UPAYA PEMBIASAAN PENGGUNAAN BAHASA INGGRIS SEBAGAI BAHASA IBU

Novianti, Rizqi Hanny (2023) IMPLEMENTASI PENGASUHAN ANAK DALAM UPAYA PEMBIASAAN PENGGUNAAN BAHASA INGGRIS SEBAGAI BAHASA IBU. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
fulltext_siti kosidah_18102241049.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk dapat mengetahui implementasi pola pengasuhan anak dalam upaya pembiasaan penggunaan Bahasa Inggris sebagai Bahasa Ibu dalam keluarga informan MS dan AS. Penelitian dilakukan menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fe- nomenologis. Setting penelitian ini di dilaksanakan pada salah satu keluarga yang menggunakan Bahaasa Inggris sebagai Bahasa Ibu yaitu keluarga AS dan MS yang bertempat tinggal di daerah Jombor, Kecamatan Mlati, Kabupaten Sleman. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kes- impulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pola asuh yang digunakan oleh orang tua pada keluarga informan adalah campuran antara pola asuh otoriter dan demokratis. Pola asuh otoriter digunakan untuk membatasi anak dalam segi kebahasaannya agar anak fokus pada satu bahasa untuk dipelajari yaitu Bahasa Inggris, sedangkan pola asuh demokratis digunakan untuk memberikan ruang pada anak untuk berkembang dan ber- sosialisasi akan tetapi masih berada di bawah pengawasan orang tua.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pola Pengasuhan Anak, Fenomenologis, Bahasa Inggris, Bahasa Ibu
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 14 Mar 2023 01:24
Last Modified: 14 Mar 2023 01:24
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/76994

Actions (login required)

View Item View Item