PERAN KELOMPOK WANITA TANI (KWT) SUBUR MAKMUR DALAM KETAHANAN PANGAN KELUARGA DI DUSUN NGLENGKONG KIDUL, SUMBERREJO, TEMPEL, SLEMAN

Sundari, Ririn (2023) PERAN KELOMPOK WANITA TANI (KWT) SUBUR MAKMUR DALAM KETAHANAN PANGAN KELUARGA DI DUSUN NGLENGKONG KIDUL, SUMBERREJO, TEMPEL, SLEMAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
fulltext_ririn sundari_18102241055.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendesripsikan: (1) peran kelompok wanita tani Subur Makmur di Dusun Nglengkong Kidul, (2) bentuk kegiatan yang dilaksanakan kelompok wanita tani Subur Makmur, (3) peran perempuan melalui kelompok wanita tani subur Makmur dalam ketahanan pangan di Dusun Nglengkong Kidul, (4) dampak partisipasi kelompok wanita tani bagi ketahanan pangan di Dusun Nglengkong Kidul, (5) faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan kegiatan kelompok wanita tani di Dusun Nglengkong Kidul. Penelitian ini mengunakan pendekatan kualitatif jenis deskriptif dengan lokasi di Kelompok Wanita Tani Subur Makmur. Subjek penelitian adalah Pengurus KWT Subur Makmur dan anggota KWT Subur Makmur. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan Teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; (1) Peran kelompok wanita tani Subur Makmur sebagai wadah bagi masyarakat untuk menyediakan bahan pangan di lingkungan masyarakat. (2) Bentuk kegiatan yang dilakukan kelompok wanita tani Subur Makmur terorganisir antara lain mengadakan (a) rapat rutin anggota, (b) merawat tanaman, (c) pendistribusian hasil panen,(d) diadakan penyuluhan. (3) Peran perempuan melalui kelompok wanita tani Subur Makmur sebagai pelaksana seluruh rangkaian kegiatan kelompok wanita tani Subur Makmur. (4) Dampak partisipasi kelompok wanita tani bagi ketahanan pangan adalah terpenuhinya kebutuhan pangan keluarga di Dusun Nglengkong Kidul. (5) Faktor pendukung yaitu (a) kesadaran diri akan pentingnya program kelompok wanita tani, (b) adanya perhatiaan dari dinas pertanian, sedangkan faktor penghambatnya yaitu (a) pengetahuan sumber daya manusia masih rendah, (b) tidak memiliki lahan sendiri, (c) banyak hewan ternak berkeliaran.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Peran, KWT Subur Makmur, Ketahanan Pangan
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 14 Mar 2023 01:18
Last Modified: 14 Mar 2023 01:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/76992

Actions (login required)

View Item View Item