PENGARUH PENGUASAAN KOSAKATA TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS IV SD NEGERI SE-KELURAHAN MINOMARTANI, NGAGLIK, SLEMAN TAHUN PELAJARAN 2011/2012

DIAZ HASAN , HUTOMO (2012) PENGARUH PENGUASAAN KOSAKATA TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS IV SD NEGERI SE-KELURAHAN MINOMARTANI, NGAGLIK, SLEMAN TAHUN PELAJARAN 2011/2012. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
cover - 08108244102.pdf

Download (899kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab1- 08108244102.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab2- 08108244102.pdf

Download (369kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab5- 08108244102.pdf

Download (231kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lampiran- 08108244102.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penguasaan kosakata terhadap keterampilan membaca pemahaman pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas IV SD Negeri se-Kelurahan Minomartani, Ngaglik, Sleman, Tahun Pelajaran 2011/2012. Penelitian ini merupakan penelitian expost facto dan jenis penelitian kuantitatif. Penelitian ini melibatkan dua jenis variabel yaitu penguasaan kosakata sebagai variabel bebas dan keterampilan membaca pemahaman sebagai variabel terikat. Populasi penelitian adalah siswa kelas IV SD se-Kelurahan Minomartani, Ngaglik, Sleman, Tahun Pelajaran 2011/2012 yang berjumlah 98 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik Proportionate Stratified Random Sampling dan penentuan jumlah sampel menggunakan tabel yang dibuat oleh Isaac dan Michael, sehingga diperoleh jumlah sampel sebanyak 78 siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes. Uji validitas butir dilakukan dengan expert judgment dihitung dengan menggunakan teknik korelasi Product Moment dari Pearson, sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus Cronbach’s Alpha. Untuk uji prasyarat analisis data yaitu menggunakan uji normalitas dan uji linearitas. Uji hipotesis dilakukan dengan regresi linear sederhana. Hasil dari analisis data menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara penguasaan kosakata dengan keterampilan membaca pemahaman. Hal ini dibuktikan dengan dihasilkannya koefisien korelasi atau ρ sebesar 0,550, nilai signifikasi 0,00 yang telah memenuhi syarat < 0,05 dan koefisien determinasi sebesar 0,302. Besarnya pengaruh adalah sebesar 30,2% dengan persamaan regresi Ŷ= 7,919 + 0,738X Sisanya sebesar 69,8% dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Penguasaan Kosakata, Keterampilan Membaca Pemahaman.
Subjects: Perpustakaan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 27 Nov 2012 06:01
Last Modified: 29 Jan 2019 17:10
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/7694

Actions (login required)

View Item View Item