IMPLEMENTASI PENGASUHAN ANAK DALAM UPAYA PEMBIASAAN PENGGUNAAN BAHASA INGGRIS SEBAGAI BAHASA IBU

Utari, Utin (2023) IMPLEMENTASI PENGASUHAN ANAK DALAM UPAYA PEMBIASAAN PENGGUNAAN BAHASA INGGRIS SEBAGAI BAHASA IBU. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
fulltext_utin utari_18102241052.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) hubungan antara kemampuan critical thinking dan creativity dengan kemandirian belajar warga belajar paket C program kecakapan hidup di Daerah Istimewa Yogyakarta, (2) hubungan kemandirian belajar terhadap kemampuan communication dan collaboration warga belajar paket C program kecakapan hidup di Daerah Istimewa Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian adalah warga belajar paket C program kecakapan hidup di SKB dan PKBM di Daerah Istimewa Yogyakarta sebanyak 301. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling dan taraf kesalahan 5%, sehingga sampel dalam penelitian ini adalah 164 warga belajar. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan penyebaran angket secara online dan offline. Uji validitas melalui 2 tahap yaitu validasi ahli dan uji validitas dengan bantuan aplikasi SPSS 25 dengan menggunakan analisis korelasi product moment. Uji reliabilitas menggunakan rumus alpha cronbach pada aplikasi SPSS 25. Analisis data penelitian ini menggunakan analisis jalur dan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat hubungan yang signifikan antara kemampuan critical thinking terhadap kemandirian belajar warga belajar paket C program kecakapan hidup di DIY yang ditunjukkan dengan hasil persamaan regresi linear Y = 97,15 + 0,623 X1, dan nilai signifikansi sebesar 0,000< 0,05. (2) terdapat hubungan yang signifikan variabel kemampuan creativity terhadap kemandirian belajar yang ditunjukkan dengan persamaan regresi linearnya Y = 97,15 + 0,334 X2, dan nilai signifikansi sebesar 0,023< 0,05. (3) terdapat hubungan yang signifikan antara variabel critical thinking dan creativity terhadap kemandirian belajar dengan hasil persamaan regresi bergandanya Y = 97,15 + 0,623X1 + 0,334X2, dan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Untuk nilai R Square sebesar 0,171 yang berarti hubungan variabel critical thinking dan creativity terhadap variabel kemandirian belajar sebesar 17,1%. (4) terdapat hubungan yang signifikan kemandirian belajar terhadap variabel communication yang ditunjukkan dengan persamaan regresi linearnya Y = 5,62 + 0,076M dan nilai signifikansi sebesar 0,003< 0,05. (5) terdapat hubungan yang signifikan kemandirian belajar terhadap variabel collaboration, ditunjukkan dengan hasil persamaan regresi linear Y = 6,69 + 0,096M dan nilai signifikansi sebesar 0,001< 0,05

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: critical thinking, creativity, communication, collaboration, kemandirian, belajar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 09 Mar 2023 01:20
Last Modified: 09 Mar 2023 01:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/76904

Actions (login required)

View Item View Item