PERAN DAN STRATEGI PLKB DALAM PELAKSANAAN PROGRAM KB DI KAMPUNG KELUARGA BERENCANA IROMEJAN KELURAHAN KLITREN KECAMATAN GONDOKUSUMAN KOTA YOGYAKARTA

Sabiliya, Azka Azkia (2023) PERAN DAN STRATEGI PLKB DALAM PELAKSANAAN PROGRAM KB DI KAMPUNG KELUARGA BERENCANA IROMEJAN KELURAHAN KLITREN KECAMATAN GONDOKUSUMAN KOTA YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
fulltext_azka azkia sabiliya_16102244020.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendiskripsikan (1) Peran dan Strategi PLKB di dalam melaksanakan sosialisasi Program KB di Kampung KB Iromejan (2) Tanggapan masyarakat terhadap pelaksanaan sosialisasi program KB di Kampung KB Iromejan Kelurahan Klitren Kecamatan Gondokusuman (3)Faktor yang mendukung dan menghambat pelaksanaan sosialisasi Program KB. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan metode deskriptif kualitatif. Subjek sasaran penelitian ini adalah, PLKB, PPKBD dan Kader KB di Kampung Iromejan . Teknik yang digunakan untuk menetapkan subyek penelitian yaitu dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik yang digunakan untuk menganalis data adalah reduksi data, display data, pengambilan kesimpulan dan verifikasi, trianggulasi yang dilakukan menggunakan trianggulasi sumber. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Peran PLKB di Kampung KB Iromejan perannya sebagai penyuluh, melakukan koordinasi dengan pihak terkait, mengajak dan melibatkan tokoh masyarakat setempat untuk bersama-sama membantu mensosialisasikan program KB, adapun strategi yang diterapkan dalam mensosialisasi program KB adalah a) Anjangsana pada pertemuan PKK di tingkat RT, b) Pertemuan PKK di tingkat desa dan c) Melalui kegiatan posyandu. 2) Tanggapan masyarakat terkait dengan peran, tugas dan fungsi dari PLKB secara umum sudah dilaksanakan sesuai dengan kemampuan mereka masing-masing, PLKB mensosialisasikan program KB berjalan dengan baik, respon masyarakat juga baik, hal ini didasarkan pada: a) keikutsertaan masyarakat dalam sosialisasi program KB, b) adanya pemahaman dan kesadaran masyarakat tentang program KB, hal ini ditandai dengan perhatian dan peningkatan jumlah aseptor KB. 3) Faktor yang mendukung keterlibatan tokoh masyarakat dan adanya perhatian dari pihak- pihak terkait, sedangkan faktor penghambat adalah faktor anggaran dana, pendidikan, ekonomi, dan pandangan masyarakat tentang jumlah anak.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Peran PLKB, Sosialisasi, Program KB
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 09 Mar 2023 01:11
Last Modified: 09 Mar 2023 01:11
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/76903

Actions (login required)

View Item View Item