Sholikhah, Hilwa (2023) UPAYA PONDOK PESANTREN DALAM MENGEMBANGKAN LIFE SKILL SANTRI DI PONDOK PESANTREN IBNUL QOYYIM YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.
Text
fulltext_hilwa sholikhah_18102244003.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Permasalahan kecakapan hidup yang dialami oleh santri di Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim Yogyakarta (2) Solusi dari pesantren dalam mengtasi permasalahan kecakapan hidup santri di Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim (3) Faktor pendukung dan penghambat pendidikan kecakapan hidup di Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian adalah santri, guru asrama, dan guru pendamping kegiatan asrama Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim Yogyakarta. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi dengan menggunakan pedoman wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data dengan menggunakan trianggulasi sumber dan metode atau teknik. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) masalah kecakapan hidup yang dialami oleh santri di pondok pesantren Ibnul Qoyyim adalah proses adaptasi, komunikasi dan manajemen waktu. (2) solusi permasalahan kecakapan hidup dipesantren adalah dengan memberikan sosialiasi atau proses penyadaran, perencanaan kegiatan, pelaksanaan dan evaluasi (3) faktor pendukung pada program kegiatan pendidikan kecakapan hidup adalah sumber daya manusia, tempat, fasilitator, dan dukungan dari pesantren, sedangkan faktor penghambatnya adalah faktor waktu, perawatan fasilitas yang belum maksimal.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Masalah pendidikan kecakapan hidup, Santri, Pondok Pesantren |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Sekolah |
Depositing User: | Perpustakaan FIP |
Date Deposited: | 09 Mar 2023 01:09 |
Last Modified: | 09 Mar 2023 01:09 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/76902 |
Actions (login required)
View Item |