PELAKSANAAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MENGATASI KENAKALAN ANAK DI LEMBAGA PEMBINAAN KHUSUS ANAK KELAS II YOGYAKARTA

Pawestri, Anggraeni Sekar (2023) PELAKSANAAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MENGATASI KENAKALAN ANAK DI LEMBAGA PEMBINAAN KHUSUS ANAK KELAS II YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
fulltext_anggraeni sekar pawestri_18102241035.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan pelaksanaan pendidikan karakter dalam mengatasi kenakalan anak di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas II Yogyakarta, (2) Mengetahui faktor penghambat dan pendukung dari pelaksanaan pendidikan karakter dalam mengatasi kenakalan anak di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas II Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus. Penelitian dilakukan di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas II Yogyakarta dengan subjek penelitian yaitu petugas Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas II Yogyakarta, pendidik Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas II Yogyakarta, dan anak didik pemasyarakatan Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas II Yogyakarta. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen utama dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri yang dibantu dengan instrumen sederhana. Langkah-langkah analisis data adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini dengan triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pelaksanaan pendidikan karakter dalam mengatasi kenakalan anak di LPKA Kelas II Yogyakarta dilakukan secara 24 jam dan terjadwal sedari anak bangun tidur hingga hendak kembali tidur, (2) Faktor penghambat dari pelaksanaan pendidikan karakter dalam mengatasi kenakalan anak di LPKA Kelas II Yogyakarta adalah terkadang jadwal keseharian peserta didik bersamaan dengan pelaksanaan program mengenai pendidikan karakter dalam mengatasi kenakalan anak. Kemudian faktor pendukungnya adalah fasilitas atau sarana dan prasarana yang dimiliki LPKA Kelas II Yogyakarta.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter, Kenakalan Anak, Lembaga Pembinaan Khusus Anak
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 09 Mar 2023 01:06
Last Modified: 09 Mar 2023 01:06
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/76901

Actions (login required)

View Item View Item