IMPLEMENTASI PROGRAM PEMBELAJARAN OUTING CLASS DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR DI TPA WIJAYA KUSUMA PASCA PANDEMI COVID-19

Syarif, Nova Noviana (2023) IMPLEMENTASI PROGRAM PEMBELAJARAN OUTING CLASS DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR DI TPA WIJAYA KUSUMA PASCA PANDEMI COVID-19. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
fulltext_nova noviana syarif_19102241001.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: 1) perencanaan program pembelajaran outing class di TPA Wijaya Kusuma pasca pandemi covid- 19, 2) pelaksanaan program pembelajaran outing class di TPA Wijaya Kusuma pasca pandemi covid-19, dan 3) faktor pendukung dan penghambat program pembelajaran outing class di TPA Wijaya Kusuma pasca pandemi covid-19. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif naratif. Penelitian ini dilaksanakan di TPA Wijaya Kusuma dengan subyek penelitian ini yaitu pengelola TPA Wijaya Kusuma, pendidik TPA Wijaya Kusuma, dan orang tua peserta didik TPA Wijaya Kusuma. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam meningkatkan minat belajar peserta didik TPA Wijaya Kusuma terdapat tahapan dalam pelaksanaan program pembelajaran outing class yaitu sebgai berikut: 1) perencanaan pelaksanaan outing class meliputi pembuatan desain perencanaan, melakukan kerja sama dengan pihak terlibat, dan diskusi dengan pihak terlibat yaitu orang tua dengan melakukan pertemuan rapat, 2) pelaksanaan program pembelajaran outing class, meliputi materi pembelajaran yang disesuaikan dengan tema pembelajaran, metode yang digunakan yaitu metode observasi, bentuk kegiatan outing class karyawisata, dan evaluasi pembelajaran outing class yang dilaksanakan satu atau dua hari setelah pelaksanaan. 3) faktor pendukung dan penghambat, faktor pendukung meliputi dukungan orang tua, kerja sama mitra, dan sarana prasarana yang mendukung, faktor penghambat meliputi kondisi orang tua yang beragam dan anggaran biaya. Kata kunci: outing class, pendidikan anak usia dini, minat belajar

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: kelas tamasya, pendidikan anak usia dini, minat belajar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 09 Mar 2023 01:03
Last Modified: 09 Mar 2023 01:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/76900

Actions (login required)

View Item View Item