PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI METODE GILLINGHAM PADA ANAK HAMBATAN MEMBACA PERMULAAN KELAS II SALAH SATU SD NEGERI DI YOGYAKARTA

Pinandito, Muhammad Ilham (2023) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI METODE GILLINGHAM PADA ANAK HAMBATAN MEMBACA PERMULAAN KELAS II SALAH SATU SD NEGERI DI YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
fulltext_muhammad ilham pinandito_17103241033.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Anak dengan hambatan membaca permulaan memiliki berbagai macam hambatan yang di alami ketika belajar. Hambatan anak berkesulitan belajar berupa kesulitan membaca, kesulitan menulis, kesulitan berhitung, gangguan perhatian dan lain-lain. Hambatan tersebut perlu ditangani sehingga siswa mampu mengikuti pembelajaran di sekolah dengan lancar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan melalui metode Gillingham pada anak Hambatan Membaca Pemrulaan kelas II salah satu SD Negeri di Yogyakarta. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas II salah satu SD Negeri di Yogyakarta. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan hasil observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis data kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran multisensori Gillingham dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak hambatan membaca permulaan kelas II salah satu SD Negeri di Yogyakarta. Peningkatan kemampuan membaca permulaan siswa ditunjukkan dari hasil tes sebelum tindakan, tes pasca tindakan siklus I, dan tes pasca tindakan II. Siswa memperoleh nilai pada pra-tindakan dengan total 56.6, kemudian pada pasca tindakan siklus I nilai siswa meningkat sebanyak 66.6, dan pada pasca tindakan siklus II siswa mendapatkan nilai dengan total 95 yang telah mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang telah ditentukan sebesar 80. Penggunaan metode Gillingham membantu siswa untuk memahami materi yang disampaikan secara rinci dan bertahap.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Anak Hambatan Membaca Permulaan, Kemampuan Membaca Permulaan, Metode Multisensori Gillingham
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 06 Mar 2023 08:36
Last Modified: 06 Mar 2023 08:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/76767

Actions (login required)

View Item View Item