Pengaruh Latihan Drill Menggunakan Sasaran Dinding Terhadap Peningkatan Kemampuan Passing Bawah Peserta Ekstrakurikuler Bolavoli SMP Negeri 1 Mungkid

Rohmanasari, Indri Sulistiana (2023) Pengaruh Latihan Drill Menggunakan Sasaran Dinding Terhadap Peningkatan Kemampuan Passing Bawah Peserta Ekstrakurikuler Bolavoli SMP Negeri 1 Mungkid. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan.

[img]
Preview
Text
fulltext_indri sulistiana rohmanasari_19601241025.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini memiliki latar belakang masalah peserta ekstrakurikuler bolavoli di SMP Negeri 1 Mungkid belum sempurna dalam melakukan teknik dasar passing bawah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh latihan drill menggunakan sasaran dinding terhadap peningkatan kemampuan passing bawah peserta ekstrakurikuler bolavoli di SMP Negeri 1 Mungkid. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan metode pre experimental design one gorup pre test and post test yang dilakukan terhadap satu kelompok tanpa adanya kelompok kontrol atau pembanding. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta ekstrakurikuler bolavoli di SMP Negeri 1 Mungkid yang berjumlah 20 peserta dengan 12 peserta putra dan 8 peserta putri. Instrumen untuk pengambilan data menggunakan petunjuk Tes Keterampilan Bolavoli Usia 13-15 Tahun dari Pusat Kesegaran Jasmani dan Rekreasi Departemen Pendidikan Nasional tahun 1999. Hipotesis penelitian ini diuji menggunakan Uji Paired Sample T-Test dengan bantuan program SPSS IBM 29. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh yang signifikan setelah dilakukan latihan drill menggunakan sasaran dinding terhadap peningkatan kemampuan passing bawah bolavoli, ditunjukkan dengan t hitung 7,960 > t tabel 2,093 dan nilai signifikansi 0,001 < 0,05.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Yuyun Ari Wibowo, M.Or.
Uncontrolled Keywords: passing bawah, sasaran dinding, ekstrakurikuler bolavoli
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 27 Mar 2023 02:18
Last Modified: 27 Mar 2023 02:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/76760

Actions (login required)

View Item View Item