Perbedaan Tendangan Menggunakan Kaki Bagian Luar, Dalam, dan Punggung Kaki Penuh Terhadap Ketepatan Shooting ke Gawang (Studi Pada SSO Real Madrid Foundation UNY Usia 13-14 Tahun)

Damanik, Syaifullah Al-Jannah (2023) Perbedaan Tendangan Menggunakan Kaki Bagian Luar, Dalam, dan Punggung Kaki Penuh Terhadap Ketepatan Shooting ke Gawang (Studi Pada SSO Real Madrid Foundation UNY Usia 13-14 Tahun). S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan.

[img]
Preview
Text
fulltext_syaifullah al-jannah damanik_19602241043.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan tendangan menggunakan kaki bagian luar, dalam, dan punggung kaki penuh terhadap ketepatan shooting ke gawang. Serta tendangan menggunakan kaki bagian mana yang paling baik terhadap ketepatan shooting ke gawang. Penelitian ini merupakan deskriptif komparatif. Populasi penelitian adalah pemain SSO RMF UNY berjumlah 47 pemain. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, dengan kriteria (1) Mengikuti tes dan pengukuran sesuai prosedur dari awal hingga akhir, (2) pemain SSO RMF UNY Usia 13-14 tahun , (3) masih aktif mengikuti latihan. Berdasarkan kriteria tersebut, sampel dalam penelitian ini berjumlah 24 pemain. Instrumen ketepatan shooting ke gawang menggunakan tes ketepatan shooting. Analisis data menggunakan One-way ANOVA dan dilanjutkan dengan uji Tukey HSD. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara tendangan menggunakan kaki bagian luar, dalam, dan punggung kaki penuh terhadap ketepatan shooting ke gawang. Selanjutnya bahwa tendangan menggunakan kaki bagian dalam (17,21) lebih baik daripada kaki bagian luar (8,58) dan kaki penuh (13,54) terhadap ketepatan shooting ke gawang.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Drs. Herwin, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: kaki luar, kaki dalam, kaki penuh, ketepatan shooting
Subjects: Olahraga > Kepelatihan
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 21 Mar 2023 03:04
Last Modified: 21 Mar 2023 03:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/76757

Actions (login required)

View Item View Item