UPAYA TUTOR DALAM MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN CRITICAL THINKING PADA WARGA BELAJAR KESETARAAN PAKET C DI SKB KABUPATEN SLEMAN

Muslim, Rahmah Annur (2022) UPAYA TUTOR DALAM MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN CRITICAL THINKING PADA WARGA BELAJAR KESETARAAN PAKET C DI SKB KABUPATEN SLEMAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
fulltext_rahmah annur muslim_18102244017.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan komponen-komponen pada kegiatan pembelajaran kesetaraan paket C di SKB Kabupaten Sleman, 2) mendeskripsikan upaya tutor dalam mengembangkan keterampilan critical thinking pada warga belajar kesetaraan paket C di SKB Kabupaten Sleman, 3) mendeskripsikan hasil dari upaya tutor dalam mengembangkan keterampilan critical thinking pada warga belajar kesetaraan paket C di SKB Kabupaten Sleman. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah warga belajar dan tutor pendidikan kesetaraan paket C di SKB Kabupaten Sleman serta bendahara SKB Kabupaten Sleman. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) dalam kegiatan pembelajaran pada pendidikan kesetaraan paket C di SKB Kabupaten Sleman terdapat beberapa komponen yakni: peserta didik, tutor, kurikulum, silabus, dan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), jadwal pembelajaran, sarana dan prasarana, serta pembiayaan, 2) upaya tutor dalam mengembangkan keterampilan critical thinking pada warga belajar pendidikan kesetaraan paket C di SKB Kabupaten Sleman dilakukan melalui kegiatan intrakurikuler yakni metode diksusi dan metode problem based learning , latihan soal, serta pemberian motivasi, dan kegiatan kokurikuler yakni pemberian pekerjaan rumah (PR), serta 3) hasil dari upaya tutor dalam mengembangkan keterampilan critical thinking pada warga belajar pendidikan kesetaraan paket C di SKB Kabupaten Sleman yaitu berkembangnya kemampuan kognitif, afektif, dan psikomotorik warga belajar, serta adanya adanya pengembangan pembelajaran pendidikan kesetaraan paket C di SKB Kabupaten Sleman.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: upaya, critical thinking, pendidikan kesetaraan paket C.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 28 Feb 2023 09:04
Last Modified: 28 Feb 2023 09:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/76756

Actions (login required)

View Item View Item