STRATEGI PENGEMBANGAN DESA WISATA BERBASIS KEARIFANLOKAL DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DI DESA MRANGGEN (Studi Di Desa Wisata Surya Buana Mranggen, Srumbung, Kabupaten Magelang)

Azzahrajihansani, Azzahrajihansani (2022) STRATEGI PENGEMBANGAN DESA WISATA BERBASIS KEARIFANLOKAL DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DI DESA MRANGGEN (Studi Di Desa Wisata Surya Buana Mranggen, Srumbung, Kabupaten Magelang). S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
fulltext_ain mawaddah warohmah_16102244017.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan strategi yang tepat untuk pengembangan Desa Wisata Surya Buana (Dewi Suba) di Desa Mranggen sebagai upaya pemberdayaan ekonomi masyarakat (2) mendeskripsikan faktor pendukung pengembangan Desa Wisata Surya Buana (Dewi Suba) dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat sekitar desa wisata (3) mendeskripsikan faktor penghambat pengembangan Desa Wisata Surya Buana (Dewi Suba) dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat sekitar desa wisata. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Penelitian dilakukan di Desa Wisata Surya Buana (Dewi Suba) dengan subjek penelitian yaitu Kepala Desa Mranggen, Pokdarwis, PKK Desa Mranggen, dan Masyarakat Desa Mranggen. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Instrumen utama dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri yang dibantu dengan instrumen pedoman sederhana. Langkah- langkah analisis data adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini dengan triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Strategi dilakukan dengan memberdayakan masyarakat sebagai pihak pengelola, pembangunan fisik desa wisata berupa bangunan dan fasilitas penunjang untuk wisatawan, dan menjalin mitra, (2) Faktor pendukung yaitu partisipasi dari masyarakat dan letak geografis dari Desa Mranggen juga menjadi faktor pendukung pengembangan desa wisata, (3) Faktor penghambat yaitu belum adanya pengenalan desa wisata secara lebih dalam dan pelatihan lebih lanjut kepada masyarakat, serta beberapa objek atau fasilitas yang belum jadi mengakibatkan Surat Keputusan dari Bupati/Pemerintah Kabupaten belum jadi

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Strategi, Pengembangan Desa Wisata, Kearifan Lokal
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 28 Feb 2023 06:26
Last Modified: 28 Feb 2023 06:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/76755

Actions (login required)

View Item View Item