MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING PADA SISWA KELAS IV A SD NEGERI GENTAN

CHINDRA TRIWULAN, DHANY (2012) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING PADA SISWA KELAS IV A SD NEGERI GENTAN. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
cover - 08108244013.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1 - 08108244013.pdf

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2 - 08108244013.pdf

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5 - 08108244013.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lampiran - 08108244013.pdf

Download (20MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) melalui penggunaan model pembelajaran Quantum Teaching pada siswa kelas IV A Sekolah Dasar (SD) Negeri Gentan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas model spiral yang dikembangkan oleh Kemmis dan Taggart. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV A SD N Gentan Sleman Yogyakarta yang berjumlah 32 siswa, sedangkan objek penelitiannya adalah hasil belajar IPS kelas IV A. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan tes, sedangkan instrumen pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan soal tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan model pembelajaran Quantum Teaching dapat meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas IV A SD N Gentan Sleman Yogyakarta, baik hasil belajar siswa aspek afektif maupun hasil belajar siswa aspek kognitif. Peningkatan hasil belajar siswa aspek afektif dapat dilihat dari hasil observasi, pada siklus I persentase siswa yang masuk dalam kategori sangat baik sebesar 59,375%. Pada siklus II persentase siswa yang masuk dalam kategori sangat baik meningkat menjadi 75%. Sedangkan peningkatan hasil belajar siswa aspek kognitif dapat dilihat dari naiknya nilai rata-rata kelas dari hasil pos tes pasca tindakan tiap siklus. Nilai rata-rata kelas pratindakan adalah 60. Pada siklus I nilai rata-rata kelas mencapai 73,6 dan pada siklus II meningkat menjadi 80,0.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, Quantum Teaching.
Subjects: Perpustakaan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 27 Nov 2012 03:54
Last Modified: 29 Jan 2019 17:09
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/7673

Actions (login required)

View Item View Item