IMPLEMENTASI STANDAR PENGELOLAAN PAUD DALAM UPAYA MENINGKATKAN MUTU LEMBAGA DI KBIT JAMI’ATUL IKHSAN PAKIS MAGELANG JAWA TENGAH

Mufidah, Niswatul (2022) IMPLEMENTASI STANDAR PENGELOLAAN PAUD DALAM UPAYA MENINGKATKAN MUTU LEMBAGA DI KBIT JAMI’ATUL IKHSAN PAKIS MAGELANG JAWA TENGAH. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
fulltext_niswatul mufidah_18102241050.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi mengenai : (1) Pelaksanaan standar pengelolaan di KBIT Jamiatul Ikhsan, (2) Upaya pengelola dalam meningkatan capaian standar nasional untuk meningkatkan mutu lembaga PAUD di KBIT Jamiatul Ikhsan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini ialah pengelola, pendidik, staf dan orang tua peserta didik di KBIT Jamiatul Ikhsan. Pegumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik yang digunakan dalam analisis data adalah reduksi data, display data dan pengambilan kesimpulan. Trianggulasi yang digunakan untuk menjelaskan keabsahan data dengan menggunakan teknik dan sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Pelaksanaan standar pengelolaan di KBIT Jamiatul Ikhsan melalui beberapa tahapan seperti perencanaan dengan merumuskan visi, misi dan tujuan lembaga di kembangkan dalam Prosem, RPPM, RPPH; pengorganisasian dilakukan dengan pembagian tugas pada pengelola sesuai struktur organisasi; pelaksanaan rencana kerja mencangkup standar isi, proses, pendidik dan tenaga kependidikan, sarana dan prasarana serta pembiayaan; pengawasan mencangkup internal oleh Kepala lembaga dan eksternal oleh Dinas pendidikan, HIMPAUDI, Dirjen PAUD, UPT Pendidikan Kecamatan Pakis. (2) Upaya pengelola dalam meningkatkan mutu lembaga di KBIT Jamiatul Ikhsan melakukan perbaikan dan pengadaan ruang kelas baru, menyusun dan merapikan dokumen-dokumen yang berkaitan dengan standar nasional serta meningkatkan intensitas dan kualitas komunikasi antar pengelola maupun relasi.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Standar, Pengelolaan PAUD, Mutu, KBIT
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 27 Feb 2023 01:42
Last Modified: 27 Feb 2023 01:42
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/76729

Actions (login required)

View Item View Item