PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DARING PAKET C PADA MASA PANDEMI DI UPT SPNF KABUPATEN PURWOREJO

Putri, Riska Rahma (2022) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DARING PAKET C PADA MASA PANDEMI DI UPT SPNF KABUPATEN PURWOREJO. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
fulltext_riska rahma putri_18102241029.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan tentang (1) pelaksanaan pembelajaran daring Paket C di UPT SPNF Kabupaten Purworejo, (2) partisipasi warga belajar selama pembelajaran daring di UPT SPNF Kabupaten Purworejo, (3) hasil belajar warga belajar selama pembelajaran daring di UPT SPNF Kabupaten Purworejo (4) faktor pendukung pelaksanaan pembelajaran daring Paket C di UPT SPNF Kabupaten Purworejo, dan (5) faktor penghambat pelaksanaan pembelajaran daring Paket C di UPT SPNF Kabupaten Purworejo. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini berlokasi di UPT SPNF Kabupaten Purworejo selama bulan Juni-Agustus 2022. Narasumber penelitian ini adalah kepala pengelola, tutor, dan warga belajar yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Data yang digunakan dari data primer dan sekunder melalui teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analsisis data terdiri dari tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data, peneliti menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Adapun hasil penelitian yang diperoleh adalah sebagai berikut (1) Pelaksanaan pembelajaran daring Paket C UPT SPNF Kabupaten Purworejo melalui tiga tahap yaitu persiapan dengan melakukan identifikasi awal dan merencanakan strategi pembelajaran; proses belajar melalui tiga tahap yaitu kegiatan pembuka, kegiatan inti, dan kegiatan penutup; dan evaluasi pembelajaran melalui evaluasi formatif dan summative, (2) Kurangnya partisipasi warga belajar, (3) Hasil belajar yaitu mengalami peningkatan pengetahuan warga belajar dan terjadi peningkatan kemampuaan warga belajar dalam penggunaan IT, (4) Faktor yang mendukung adalah kesiapan warga belajar, motivasi warga belajar, dan fasilitas yang dibutuhkan warga belajar selama pembelajaran daring, (5) Faktor penghambat, yakni latar belakang warga belajar, gangguan sinyal atau jaringan WiFi, dan tidak memiliki fasilitas yang memadai.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran daring, paket c, UPT SPNF
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 23 Feb 2023 04:37
Last Modified: 23 Feb 2023 04:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/76695

Actions (login required)

View Item View Item