PENGELOLAAN SUMBER DAYA MANUSIA DI DESA WISATA GENILANGIT DALAM UPAYA MEMBERDAYAKAN DESA GENILANGIT KECAMATAN PONCOL KABUPATEN MAGETAN

Firdauza, Tifani Farah (2022) PENGELOLAAN SUMBER DAYA MANUSIA DI DESA WISATA GENILANGIT DALAM UPAYA MEMBERDAYAKAN DESA GENILANGIT KECAMATAN PONCOL KABUPATEN MAGETAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
fulltext_tifani farah firdauza_17102241047.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) pengelolaan sumber daya manusia di desa wisata Taman Genilangit, (2) faktor pendukung dan penghambat pengelolaan sumber daya manusia di desa wisata Taman Genilangit. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subyek dalam penelitian yaitu pengurus desa wisata Taman Genilangit. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dengan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pengelolaan sumber daya manusia di desa wisata Taman Genilangit mencakup: (a) rekrutmen pengurus dengan proses seleksi, penempatan, dan orientasi, (b) pemberian motivasi menggunakan dua cara yaitu secara lisan dan tindakan, (c) sistem penggajian menggunakan sistem upah harian, (d) pengembangan karir dan pelatihan berasal dari masyarakat luar/lembaga, (e) bentuk relasi antara pengurus dengan masyarakat desa dan antara pengurus dengan masyarakat luar/lembaga, (f) evaluasi kerja yang dilaksanakan setiap bulan. (2) faktor pendukung dan penghambat pengelolaan sumber daya manusia. Faktor pendukung meliputi, faktor internal: adanya support atau dukungan dari pemerintah desa sehingga memudahkan pengelola dalam mengelola desa wisata serta ikut andilnya pemuda desa karang taruna dalam mengelola desa wisata Taman Genilangit, faktor eksternal: pengurus desa wisata Taman Genilangit mendapatkan dukungan dari berbagai relasi diantaranya kepolisian dan koramil, puskesmas serta dari BPBD setempat. Yaitu dengan memberikan pelatihan kepada pengurus maupun anggota desa wisata Taman Genilangit. Faktor penghambat meliputi, faktor internal: (a) Masih ada beberapa anggota yang meminta gajinya dibayar diluar kesepakatan yang telah ditetapkan. (b) Belum diadakan pengembangan karir karena sistem dalam penggajian di Desa Wisata Taman Genilangit menggunakan sistem upah harian. Sedangkan faktor eksternal: adanya beberapa masyarakat yang belum ikut terlibat dalam pengelolaan desa wisata Taman Genilangit karena kesibukan masing-masing dan perbedaan pemikiran antara pengurus dan masyarakat lain.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: pengelolaan sumber daya manusia, desa wisata
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 23 Feb 2023 02:51
Last Modified: 23 Feb 2023 02:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/76690

Actions (login required)

View Item View Item