Muktianingsih, Anindayani Setri (2022) PERAN KELUARGA DALAM PENDAMPINGAN SKOLAH ONLINE SELAMA PANDEMI (COVID-19). S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.
Text
fulltext_anindayani setri muktianingsih_17102244021.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertjuan untuk mendeskripsikan: (1) Pendampingan dan fasilitas yang diberikan keluarga terhadap pembelajaran Daring (2) faktor penghambat dalam mendampingi anak pada pembelajaran yang dilakukan selama pandemi Covid-19. Penelitian yang dilaksanakan di Dusun Sempu ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, penyajian data dalam penelitian ini dalam bentuk narasi. Subjek penelitian ini adalah keluarga yang tinggal di Dusun Sempu yang memiliki anak berusia 6-12 tahun. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi,wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan dngan melalui beberapa tahap yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Trianggulasi data menggunakan trianggulasi sumber dengan membandingkan dan melihat kembali derajat kepercayaan suatu informasi yang diperoleh melalui waktu dan alat yang berbeda dalam penelitian kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) peran orangtua adalah membimbing dan mengontrol anak ketika pembelajaran Daring , peran orangtua dalam membangun susasana belajar dan peran orangtua dalam memberikan fasilitas yang dibutuhkan anak (2) faktor penghambat dalam pembelajarn Daring yaitu pendampingan belajar yang dilakukan terhambat karena kesibukan dari orangtua yang harus beerkrja, tingkat kesabaran orangtua ketika mengontrol dan mendampingi anak dalam pembelajaran Daring
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peran, Peran Keluarga,Pendampingan Belajar,Pembelajaran Daring |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Sekolah |
Depositing User: | Perpustakaan FIP |
Date Deposited: | 22 Feb 2023 01:22 |
Last Modified: | 22 Feb 2023 01:22 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/76649 |
Actions (login required)
View Item |