PERAN PEKERJA SOSIAL UNIT PELAYANAN TERPADU RUMAH SINGGAH DALAM UPAYA MEWUJUDKAN KESEJAHTERAAN SOSIAL BAGI ANAK TERLANTAR DI KABUPATEN TEMANGGUNG

Kusumawati, Nanda Dwi (2022) PERAN PEKERJA SOSIAL UNIT PELAYANAN TERPADU RUMAH SINGGAH DALAM UPAYA MEWUJUDKAN KESEJAHTERAAN SOSIAL BAGI ANAK TERLANTAR DI KABUPATEN TEMANGGUNG. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
fulltext_nanda dwi kusumawati_17102244016_1664160685.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) peran pekerja sosial unit pelayanan terpadu rumah singgah Temanggung dalam upaya kesejahteraan sosial bagi anak terlantar di Kabupaten Temanggung, (2) hambatan apa saja yang dialami oleh pekerja sosial unit pelayanan terpadu rumah singgah Temanggung dalam menjalankan peranannya dan (3) cara mengatasi hambatan yang dialami oleh pekerja sosial unit pelayanan terpadu rumah singgah Temanggung dalam menjalankan peranannya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subyek penelitian ini adalah Kepala dan pekerja sosial unit pelayanan terpadu rumah singgah Temanggung serta klien anak terlantar. Penentuan subyek dilakukan dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analis data yang digunakan dalam penelitian adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) peran pekerja sosial unit pelayanan terpadu rumah singgah Temanggung dalam upaya mewujudkan kesejahteraan sosial bagi anak terlantar di Kabupaten Temanggung adalah sebagai konselor, fasilitator, mediator, pendidik, pembela dan broker. (2) hambatan yang dialami oleh pekerja sosial berasal dari dalam lembaga yaitu adanya kendala rujukan dan kurangnya sumber daya manusia di lembaga. Sedangkan yang dari luar yaitu klien, keluarga dan masyarakat. (3) cara mengatasi hambatannya, pekerja sosial melakukan beberapa cara sesuai dengan dari mana hambatan itu berasal.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: peran, pekerja sosial , kesejahteraan sosial, anak terlantar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 20 Feb 2023 03:46
Last Modified: 20 Feb 2023 03:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/76624

Actions (login required)

View Item View Item