IMPLEMENTASI PROGRAM KELUARGA HARAPAN (PKH) DALAM UPAYA PEMERATAAN KESEJAHTERAAN SOSIAL BAGI MASYARAKAT MISKIN DI DESA RANGGANG DALAM, TAKISUNG

Rifky, Syarifa Aina (2022) IMPLEMENTASI PROGRAM KELUARGA HARAPAN (PKH) DALAM UPAYA PEMERATAAN KESEJAHTERAAN SOSIAL BAGI MASYARAKAT MISKIN DI DESA RANGGANG DALAM, TAKISUNG. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
fulltext_syarifa aina rifky_17102244002_1664522542.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi, faktor pendukung, dan penghambat Program Keluarga Harapan dalam upaya pemerataan kesejahteraan sosial bagi masyarakat miskin di Desa Ranggang Dalam, Takisung. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subyek penelitian adalah Kepala Seksi Jaminan Sosial Keluarga, Keluarga Penerima Manfaat Program Keluarga Harapan yang berjumlah tiga orang, Pendamping Program Keluarga Harapan, Koordinator Program Keluarga Harapan dan Perangkat Desa setempat. Narasumber dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Model analisis yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengujian keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Penelitian yang dilakukan mendapatkan hasil sebagai berikut. Tahapan pelaksanaan Program Keluarga Harapan sebagai berikut, (1) penentuan lokasi dan jumlah Keluarga Penerima Manfaat, (2) pertemuan awal dan validasi, (3) penyaluran bantuan, (4) pendampingan dan P2K2, (5) verifikasi komitmen, (6) pemutakhiran data, dan (7) evaluasi. Program Keluarga Harapan dalam pengimplementasiannya masih belum terlaksana sesuai dengan tujuan Peraturan Menteri Sosial Nomor 1 Tahun 2018. Faktor pendukung Program Keluarga Harapan yaitu dukungan dari pemerintah desa dan daerah, semangat mengabdi dari pendamping Program Keluarga Harapan, pendampingan dari pendamping PKH, semangat ketua KPM PKH. Sedangkan faktor penghambat yaitu data kependudukan yang tidak valid, anggota KPM PKH yang bermasalah, rekening bermasalah, ATM terblokir, dan anggota KPM PKH yang sudah mampu tidak mau keluar dari PKH.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, kesejahteraan sosial, Program Keluarga Harapan
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 20 Feb 2023 03:39
Last Modified: 20 Feb 2023 03:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/76623

Actions (login required)

View Item View Item