UPAYA SANGGAR LANGIT ALANG-ALANG DALAM PELESTARIAN KESENIAN TARI ANGGUK DI KALURAHAN GIRIPENI KAPANEWON WATES KABUPATEN KULON PROGO

Rikhanah, Darilatun (2022) UPAYA SANGGAR LANGIT ALANG-ALANG DALAM PELESTARIAN KESENIAN TARI ANGGUK DI KALURAHAN GIRIPENI KAPANEWON WATES KABUPATEN KULON PROGO. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
fulltext_darilatun rikhanah_18102241034_1664169726.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan upaya Sanggar Langit Alang-alang dalam pelestarian kesenian tari Angguk di Kalurahan Giripeni, Kapanewon Wates, Kabupaten Kulon Progo, (2) mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat Sanggar Langit Alang-alang dalam pelestarian kesenian tari Angguk di Kalurahan Giripeni, Kapanewon Wates, Kabupaten Kulon Progo. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilakukan di Sanggar Langit Alang-alang dengan subjek penelitian yaitu ketua Sanggar Langit Alang-alang, pelatih, anggota, dan Lurah Giripeni. Terknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data diuji menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Upaya Sanggar Langit Alang- alang dalam pelestarian kesenian Tari Angguk di Kalurahan Giripeni dapat diketahui dari berbagai aktivitas yang berkaitan dengan tari Angguk, yaitu meliputi kegiatan literasi, pelatihan, dan pementasan, (2) Faktor pendukung Sanggar Langit Alang-alang dalam pelestarian kesenian Tari Angguk di Kalurahan Giripeni yaitu adanya sarana dan prasarana yang dimiliki, antusiasme anggota, serta adanya dukungan dari pemerintah dan masyarakat. Sedangkan faktor penghambat Sanggar Langit Alang-alang dalam pelestarian kesenian Tari Angguk di Kalurahan Giripeni yaitu sarana dan prasarana yang dimiliki belum maksimal, cuaca, perbedaan pendapat di masyarakat, terdapat anggota yang kurang percaya diri dalam melakukan gerakan tari, serta keterlambatan anggota.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Upaya, Sanggar Langit Alang-alang, Tari Angguk
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 20 Feb 2023 02:01
Last Modified: 20 Feb 2023 02:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/76612

Actions (login required)

View Item View Item