IMPLEMENTASI PROGRAM BELAJAR DARI RUMAH DALAM PENDIDIKAN KESETARAAN PAKET C DI PKBM SANGGAR ANAK ALAM (SALAM) YOGYAKARTA

Widiyasari, Elly (2022) IMPLEMENTASI PROGRAM BELAJAR DARI RUMAH DALAM PENDIDIKAN KESETARAAN PAKET C DI PKBM SANGGAR ANAK ALAM (SALAM) YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
fulltext_elly widiyasari_18102241041_1664503656.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) implementasi program Belajar dari Rumah dalam pendidikan kesetaraan paket C di PKBM Sanggar Anak Alam, 2) faktor yang mendukung dan menghambat implementasi program Belajar dari Rumah dalam pendidikan kesetaraan paket C di PKBM Sanggar Anak Alam. Metode penelitian yang adalah metode penelitian kualitatif dengan studi kasus yang disajikan secara deskriptif. Subjek penelitian ini adalah pengelola PKBM Sanggar Anak Alam, fasilitator, dan peserta didik paket C. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data dilakukan dengan trianggulasi sumber dan trianggulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Implementasi program Belajar dari Rumah dalam pendidikan kesetaraan Paket C di PKBM Sanggar Anak Alam (SALAM) Yogyakarta dilihat dari beberapa tahap yakni perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan hasil. Perencanaan belajar dilakukan oleh peserta didik dan fasilitator dengan merumuskan rencana belajar sesuai minat peserta didik. Metode belajar yang digunakan yakni belajar mandiri dilakukan di rumah dan mentoring atau pendampingan dari fasilitator. Evaluasi belajar dilakukan saat kegiatan mentoring melalui refleksi. Hasil belajar dituangkan dalam bentuk dekskripsi proses bukan angka. 2) Faktor pendukung yang berasal dari peserta didik adalah motivasi diri sendiri dan kemauan belajar. Sedangkan faktor yang mendukung dari luar diri peserta didik adalah komunikasi serta pendampingan dari fasilitator, dukungan dari orang tua, teknologi, teman serta narasumber. Faktor penghambat yang berasal dari dalam peserta didik adalah sikap tidak konsisten mengerjakan tugas, motivasi belajar menurun, pola hidup, serta kesehatan. Sedangkan faktor yang menghambat dari luar peserta didik adalah fasilitator tidak memantau proses belajar secara langsung, gangguan sosial media.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: implementasi, belajar dari rumah, program kesetaraan paket c
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 20 Feb 2023 01:30
Last Modified: 20 Feb 2023 01:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/76611

Actions (login required)

View Item View Item