UPAYA PENINGKATAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) PADA SISWA KELAS V SD NEGERI SIDOMULYO TAHUN PELAJARAN 2011/2012

Heru, Kurniawan (2012) UPAYA PENINGKATAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) PADA SISWA KELAS V SD NEGERI SIDOMULYO TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Kontribusi Pendidikan Matematika dan Matematika dalam Membangun Karakter Guru dan Siswa. pp. 1-8. ISSN 978-979-16353-8-7

[img]
Preview
Text
P - 40.pdf

Download (44kB) | Preview
Official URL: http://www.uny.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) meningkatkan efektivitas pembelajaran matematika kelas V di SD Negeri Sidomulyo melalui model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI); (2) mengetahui respon siswa SD Negeri Sidomulyo terhadap penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI). Penelitian ini merupakan Penelitian Ttindakan Kelas yang dilaksanakan pada pokok bahasan sifat-sifat bangun datar dan bangun ruang. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Obyek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri Sidomulyo yang berjumlah 25 siswa. Data hasil penelitian diperoleh dari hasil pengamatan selama pembelajaran berlangsung, angket motivasi belajar siswa, angket aktivitas belajar siswa, dokumentasi serta hasil tes akhir siklus. Pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) dengan indikator efektivitas pembelajaran yang meliputi proses dan hasil, dapat dilihat dari peningkatan interaksi melalui lembar pengamatan yaitu dari 86,25% pada siklus 1 menjadi 94,25% pada siklus 2. Peningkatan motivasi belajar siswa dari 79,3% pada siklus 1 menjadi 79,5% pada siklus 2. Peningkatan aktivitas belajar siswa dari 80,4% pada siklus 1 menjadi 80,6% pada siklus 2. Serta peningkatan rata-rata hasil tes akhir siklus dari 78,26 pada siklus 1 menjadi 84,36 pada siklus 2. Hal ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan efektivitas pembelajaran, selain itu siswa merespon dengan baik penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI). Kata kunci: Efektifitas Pembelajaran Matematika, Penelitian Tindakan Kelas, TAI.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Efektifitas Pembelajaran Matematika, Penelitian Tindakan Kelas, TAI
Subjects: Prosiding > Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2012
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Sarwo Hadi ꦱꦼꦠꦾꦤ
Date Deposited: 28 Nov 2012 02:18
Last Modified: 28 Nov 2012 02:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/7654

Actions (login required)

View Item View Item