Tingkat Pemahaman Peserta Didik Kelas IV Terkait Materi Beladiri Pencak Silat Pada Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di Sekolah Dasar se-Kalurahan Palbapang Bantul

Widyastuti, Putri (2023) Tingkat Pemahaman Peserta Didik Kelas IV Terkait Materi Beladiri Pencak Silat Pada Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di Sekolah Dasar se-Kalurahan Palbapang Bantul. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan.

[img]
Preview
Text
fulltext_putri widyastuti_19604221016.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pemahaman peserta didik kelas IV terkait materi beladiri pencak silat pada mata pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di Sekolah Dasar se-Kalurahan Palbapang Bantul. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kuantitatif dan menggunakan metode survei dengan teknik pengambilan data berupa tes pilihan ganda berjumlah 20 butir soal dinyatakan valid. Subjek pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV Sekolah Dasar se-Kalurahan Palbapang Bantul yang berjumlah 73 peserta didik. Uji reliabilitas instrumen menggunakan rumus Alpha Cronbach’s sebesar 0,830. Teknik analisis data yaitu dengan menggunakan analisi deskriptif yang dituangkan dalam bentuk persentase. Hasil persentase yaitu dengan kategori “sangat rendah” sebesar 23,3% (17 peserta didik), “rendah” sebesar 26% (19 peserta didik), “sedang” sebesar 15,1% (11 peserta didik), “tinggi” sebesar 17,8% (13 peserta didik), dan “sangat tinggi” sebesar 17,8% (13 peserta didik). Rata-rata yang didapat yaitu 59,5205. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat pemahaman peserta didik kelas IV terkait materi beladiri pencak silat pada mata pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di Sekolah Dasar se-Kalurahan Palbapang Bantul masuk ke dalam kategori “rendah”.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Prof. Dr. Erwin Setyo Kriswanto, M.Kes.
Uncontrolled Keywords: pemahaman, peserta didik kelas IV, beladiri, pencak silat
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 06 Mar 2023 06:42
Last Modified: 06 Mar 2023 06:42
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/76528

Actions (login required)

View Item View Item