Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) di SMP Negeri se-Kabupaten Bantul

Respati, Isnain Dyah (2023) Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) di SMP Negeri se-Kabupaten Bantul. S2 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan.

[img]
Preview
Text
fulltext_isnain dyah respati_21611251009.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Pelaksanaan pembelajaran PJOK harus disesuaikan dengan kemampuan masing-masing anak dan pelaksanaan yang diberikan harus sistematik, sesuai dengan karakteristik anak dan dikelola melalui pengembangan jasmani secara efektif dan efisien menuju pembentukan manusia seutuhnya. Oleh sebab itu, untuk mengukur sejauh mana ketercapaian tujuan pembelajaran, maka diperlukan proses yang namanya evaluasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan pembelajaran PJOK di SMP Negeri se-Kabupaten Bantul berdasarkan aspek Context, Input, Process, dan Product. Model evaluasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah model CIPP. Subjek evaluasi ini adalah SMP Negeri se-Kabupaten Bantul yang berjumlah 46 sekolah. Teknik sampling menggunakan purposive sampling, dengan kriteria: peneliti mengambil 1 guru PJOK, 1 orang Kepala Sekolah, dan orang tua peserta didik yang bersedia menjadi sampel dan mengisi kuesioner dari peneliti. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu análisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa evaluasi pelaksanaan pembelajaran PJOK di SMP Negeri se-Kabupaten Bantul sebesar 2,47 masuk kategori kurang. Berdasarkan masing-masing komponen evaluasi, diperoleh kesimpulan sebagai berikut. (1) Context evaluasi pelaksanaan pembelajaran PJOK di SMP Negeri se-Kabupaten Bantul, sebesar 2,62 masuk kategori baik. Indikator filsafat pembelajaran PJOK sebesar 2,60 pada kategori baik dan tujuan pembelajaran PJOK sebesar 2,63 pada kategori baik. (2) Input evaluasi pelaksanaan pembelajaran PJOK di SMP Negeri se-Kabupaten Bantul, sebesar 2,39 masuk kategori kurang. Indikator profil guru sebesar 2,54 pada kategori baik, profil peserta didik sebesar 2,44 pada kategori baik, dan sarana dan prasarana pembelajaran sebesar 2,40 pada kurang. (3) Process evaluasi pelaksanaan pembelajaran PJOK di SMP Negeri se-Kabupaten Bantul, sebesar 2,38 masuk kategori kurang. Indikator RPP sebesar 2,58 pada kategori baik dan pelaksanaan pembelajaran sebesar 2,39 pada kategori kurang. (4) Product evaluasi pelaksanaan pembelajaran PJOK di SMP Negeri se-Kabupaten Bantul, sebesar 2,29 masuk kategori kurang. Indikator evaluasi proses pembelajaran sebesar 2,24 pada kategori kurang dan evaluasi hasil pembelajaran sebesar 2,35 pada kategori kurang.

Item Type: Thesis (S2)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Prof. Dr. Wawan Sundawan Suherman, M.Ed.
Uncontrolled Keywords: evaluasi, pembelajaran PJOK, CIPP
Subjects: Olahraga
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 09 Feb 2023 07:34
Last Modified: 09 Feb 2023 07:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/76525

Actions (login required)

View Item View Item