Pengembangan Model Latihan Shorinji Kempo Berbasis Tarian Lokal Nusa Tenggara Timur Untuk Meningkatkan Kemampuan Teknik Dasar dan Afektif Kenshi Usia 9-12 Tahun

Wali, Carles Nyoman (2023) Pengembangan Model Latihan Shorinji Kempo Berbasis Tarian Lokal Nusa Tenggara Timur Untuk Meningkatkan Kemampuan Teknik Dasar dan Afektif Kenshi Usia 9-12 Tahun. S3 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan.

[img]
Preview
Text
fulltext_carles nyoman wali_20608261003.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan model latihan teknik dasar beladiri shorinji kempo dan aspek afektif berbasis tarian lokal NTT untuk kenshi usia 9-12 Tahun, model latihan yang layak dan efektif dalam meningkatkan keterampilan teknik dasar dan aspek afektif pada kenshi. Diharapkan model latihan berbasis tarian ini dapat dipergunakan oleh para pelatih/Sempai dalam melaksanakan latihan teknik dasar beladiri shorinji kempo dan aspek-aspek afektif yang berlaku dalam beladiri shorinji kempo bagi kenshi. Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian dan pengembangan Borg dan Gall 10 langkah yaitu: 1: studi pendahuluan dan pengumpulan data, 2. Perencanaan, 3. Pengembangan produk awal, 4. Uji coba awal, 5. Revisi produk, 6. Uji coba skala besar, 7. Revisi produk operasional, 8. Uji coba produk operasional, 9. Revisi produk final/akhir, dan 10. Desiminasi dan implementasi produk hasil pengembangan. Uji coba skala kecil dilakukan terhadap 30 kenshi yang berasal dari dua dojo yaitu dojo Amikom dan Balong dan uji skala besar dilakukan pada kenshi di Dojo Triharjo, Dojo Balong, Dojo LPP, Dojo Bantul dan Dojo SDK Bonogarjo masing masing 20 kenshi dengan jumlah keseluruhan 100 kenshi. Subjek dalam penelitian ini adalah para kenshi usia 9-12 Tahun pada lima dojo di perkemi Daerah Istimewah Yogyakarta. Instrument yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah petunjuk umum wawancara, catatan lapangan, lembar evaluasi, angket skala validasi, dan rubric penilaian kenshi Hasil penelitian ini berupa model latihan teknik dasar dan aspek afektif dalam beladiri shorinji kempo berbasis tarian lokal NTT bagi kenshi usia 9-12 tahun. Model latihan yang dihasilkan dalam penelitian ini tiga model latihan: 1). Model latihan Gotong Royong berlandaskan pada filosofi tarian lego-lego, 2). Model latihan Gembira berlandaskan pada filosofi tarian cakalele, dan 3). Model latihan Spirit berlandaskan pada filosofi tarian Moko Nona. Model latihan berbasis tarian lokal Nusa Tenggara Timur disusun dalam bentuk buku pedoman latihan dengan judul buku “Latihan Teknik Dasar Beladiri dan aspek afektif Shorinji Kempo Berbasis tarian Lokal NTT”. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model latihan teknik dasar dan aspek afektif beladiri shorinji kempo berbasis tarian lokal NTT untuk kenshi usia 9-12 tahun yang telah dikembangkan penulis layak untuk digunakan dan efektif meningkatkan kemampuan kenshi usia 9-12 tahun tentang teknik dasar dan aspek afektif dalam beladiri shorinji kempo.

Item Type: Thesis (S3)
Additional Information: Promotor: Prof. Dr. Suharjana, M.Kes. Kopromotor: Prof. Dr. Djoko Pekik Irianto, M.Kes.
Uncontrolled Keywords: model latihan, tarian lokal, kenshi, afektif
Subjects: Olahraga
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 08 Feb 2023 02:19
Last Modified: 08 Feb 2023 02:19
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/76518

Actions (login required)

View Item View Item