Pengaruh Latihan Barbell Backsquat dan Leg Press Terhadap Functional Threshold Power Pada Pesepeda Roadbike Terlatih

Subekti, Bayu Hakam (2023) Pengaruh Latihan Barbell Backsquat dan Leg Press Terhadap Functional Threshold Power Pada Pesepeda Roadbike Terlatih. S2 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan.

[img]
Preview
Text
fulltext_bayu hakam subekti_21611251033.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh latihan barbell back squat terhadap functional threshold power pada pesepeda roadbike, (2) Pengaruh latihan leg press terhadap functional threshold power pada pesepeda roadbike, (3) perbedaan pengaruh latihan barbell back squat dan leg press terhadap functional threshold power pada pesepeda roadbike. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi experiment) dengan desain penelitian ini adalah The Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi penelitian adalah pesepeda roadbike di kota Yogyakarta. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling sejumlah 13 orang. Instrumen untuk mengukur functional threshold power menggunakan smart bike trainer. Teknik analisis data yang digunakan adalah ANOVA dua jalur pada taraf signifikan α = 0,05. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) tidak ada pengaruh yang signifikan pada hasil latihan barbell back squat terhadap functional threshold power dengan nilai p = 0.080 > 0.05, (2) ada pengaruh yang signifikan pada latihan leg press terhadap functional threshold power dengan nilai p = 0.010 < 0.05, (3) terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan pada functional threshold power antara barbell back squat p = 0.080 > 0.05 dan leg press 0.010 < 0.05.

Item Type: Thesis (S2)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Ahmad Nasrulloh, M.Or.
Uncontrolled Keywords: latihan barbell back squat, latihan leg press, latihan kekuatan, sepeda roadbike, functional threshold power
Subjects: Olahraga
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 08 Feb 2023 02:11
Last Modified: 08 Feb 2023 02:11
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/76517

Actions (login required)

View Item View Item