Pengaruh Metode Circuit dan Interval Training Terhadap Kelincahan dan VO2max Pemain Sepakbola Porprov Kabupaten Pati Ditinjau Dari Daya Tahan Otot Tungkai

Badawi, Ahmad (2023) Pengaruh Metode Circuit dan Interval Training Terhadap Kelincahan dan VO2max Pemain Sepakbola Porprov Kabupaten Pati Ditinjau Dari Daya Tahan Otot Tungkai. S2 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan.

[img]
Preview
Text
fulltext_ahmad badawi_21611251008.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini tujuannya untuk mengetahui: (1) Pengaruh metode circuit dan interval training terhadap kelincahan dan vo2max (2) perbedaan pengaruh antara daya tahan otot tungkai tinggi dan daya rendah terhadap kelincahan dan vo2max (3) interaksi antara circuit training, interval training dan daya tahan otot tungkai (tinggi dan rendah) terhadap kelincahan dan vo2max. Penelitian ini adalah eksperimen dengan rancangan 2x2 faktorial. Dalam penelitian ini jumlah sampel yang digunakan 20 pemain yang dipilih secara purposive sampling. Untuk mengukur kelincahan dengan instrumen Illinois agility test, vo2max diukur dengan multistage fitness test dan mengukur daya tahan otot tungkai dengan wall sit test. Analisis data yang digunakan dengan uji ANAVA dua jalur dengan taraf signifikansi α 0,05. Hasil penelitian ini adalah: (1) Tidak terdapat perbedaan pengaruh metode circuit dan interval training terhadap kelincahan pemain sepakbola, terdapat perbedaan yang signifikan metode circuit dan interval training terhadap vo2max pemain sepakbola. (2) terdapat perbedaan antara daya tahan otot tungkai tinggi dan rendah terhadap kelincahan dan vo2max, α < 0,05. (3) terdapat interaksi antara circuit, interval training dan daya tahan otot tungkai (tinggi dan rendah) terhadap kelincahan α < 0,05. kedua metode latihan sama baiknya yang diterapkan sama-sama memberi peningkatan terhadap vo2max pemain sepakbola.

Item Type: Thesis (S2)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Ahmad Nasrulloh, M.Or.
Uncontrolled Keywords: circuit training, interval training, kelincahan, vo2max, sepakbola
Subjects: Olahraga
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 08 Feb 2023 01:54
Last Modified: 08 Feb 2023 01:54
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/76515

Actions (login required)

View Item View Item