Pengaruh Indeks Masa Tubuh, Persen Lemak Tubuh, Aktivitas Fisik, Terhadap Kebugaran Jasmani Siswa SMP Negeri 3 Bandar Lampung

Hufadz, Muhamad Ihsan (2023) Pengaruh Indeks Masa Tubuh, Persen Lemak Tubuh, Aktivitas Fisik, Terhadap Kebugaran Jasmani Siswa SMP Negeri 3 Bandar Lampung. S2 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan.

[img]
Preview
Text
fulltext_muhamad ihsan hufadz_21633251041.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Kebugaran jasmani merupakan salah satu komponen dalam kehidupan manusia yang sangat diperlukan, agar segala aktifitas sehari-hari dapat berjalan dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh indeks masa tubuh, persen lemak tubuh, aktivitas fisik terhadap kebugaran jasmani SMP Negeri 3 Bandar Lampung. Metode yang digunakan adalah deskriptif korelasional. Sampel penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3 Bandar Lampung yang berjumlah 100 peserta didik dengan teknik pengambilan data Total Sampling. Pengumpulan data menggunakan tes dengan instrumen timbangan badan, body fat caliper, angket physical activity level (PAL), dan TKJI. Teknik analisis data menggunakan korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Terdapat pengaruh yang rendah indeks masa tubuh terhadap kebugaran jasmani dengan nilai koefisien korelasi 0,374 (2) Terdapat pengaruh yang cukup kuat persen lemak terhadap terhadap kebugaran jasmani dengan nilai koefisien korelasi 0,439, dan (3) Terdapat pengaruh yang kuat aktivitas fisik terhadap kebugaran jasmani dengan nilai koefisien korelasi 0,640. Sedangkan indeks masa tubuh, persen lemak tubuh, dan aktivitas fisik memberikan pengaruh dengan nilai koefisien determinasi 0,674 terhadap kebugaran jasmani. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa indeks masa tubuh, persen lemak tubuh dan aktivitas fisik memberikan pengaruh terhadap kebugaran jasmani, dan yang memberikan pengaruh paling besar terhadap kebugaran jasmani adalah aktivitas fisik dengan nilai koefisien korelasi 0,640.

Item Type: Thesis (S2)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Abdul Alim, M.Or.
Uncontrolled Keywords: IMT, persenase lemak, aktivitas jasmani, kebugaran jasmani
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 02 Mar 2023 09:47
Last Modified: 02 Mar 2023 09:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/76514

Actions (login required)

View Item View Item