PELAKSANAAN BIMBINGAN KEMANDIRIAN BAGI WARGA BINAAN DI RUMAH TAHANAN NEGARA KELAS IIB BANTUL

Rochana, Runi (2021) PELAKSANAAN BIMBINGAN KEMANDIRIAN BAGI WARGA BINAAN DI RUMAH TAHANAN NEGARA KELAS IIB BANTUL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
fulltext_runi rochana_17102241025.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk : (1) Mendeskripsikan pelaksanaan bimbingan kemandirian bagi warga binaan di rumah tahanan negara kelas IIB bantul (2) mendeskripsikan bagaimana partisipasi warga binaan dalam pelaksanaan bimbingan kemandirian bagi warga binaan di rumah tahanan negara kelas IIB bantul (3) Mendeskripsikan apa saja manfaat yang di peroleh warga binaan dalam pelaksanaan bimbingan kemandirian bagi warga binaan di rumah tahanan negara kelas IIB bantul. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan penelitian kualitiatif, data yang dihasilkan yaitu data yang dijelaskan maupun dideskripsikan. Menggunakan dua sumber data yaitu data primer dan data sekunder, yang berjumlah 6 yaitu 2 petugas rutan dan 4 warga binaan yang mengetahui pelaksanaan bimbingan kemandirian di rutan kelas IIB bantul. Menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi secara online dan instrumen penelitiannya yaitu peneliti sendiri sebagai instrumen utama serta menggunakan 3 instrumen lainnya yaitu pedoman observasi, pedoman wawancara dan pedoman dokumentasi. Menggunakan keabsahan data derajat kepercayaan dan triangulasi, serta menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif dengan 3 langkah dalam menganalisis data yaitu: reduksi data, penyajian data, dan simpulan Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Pelaksanaan bimbingan kemandirian dilakukan melalui 3 proses yaitu proses persiapan, proses pelaksanaan, dan proses evaluasi, dimana dalam proses persiapan disesuaikan dengan tujuan dan perencanaan, dan proses pelaksanaan disesuaikan dengan sumber belajar, materi atau bahan ajar, metode atau suasana, perlengkapan, dan waktu yang digunakan dalam pelaksanaan bimbingan kemandirian, serta untuk proses evaluasi dilakukan sebulan sekali dengan menggunakan bentuk evaluasi non tes, (2) Partisipasi warga binaan dalam pelaksanana bimbingan kemandirian dilakukan oleh narapidana yang ada di rumah tahanan negara kelas IIB bantul dengan cara berperan aktif dalam mengikuti kegiatan bimbingan kemandirian yang ada sesuai dengan pengalaman maupun keterampilan yang dimiliki, (3) Manfaat bimbingan kemandirian bagi warga binaan dapat berupa: menambah keterampilan warga binaan, menjadikan warga binaan siap untuk bekerja, warga binaan lebih termotivasi, warga binaan dapat mengembangkan bakatnya, warga binaan dapat meningatkan pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki, dan sebagainya.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pelaksanaan bimbingan kemandirian, partisipasi warga binaan, dan manfaat bimbingan kemandirian
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 07 Feb 2023 07:17
Last Modified: 07 Feb 2023 07:17
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/76493

Actions (login required)

View Item View Item