PELAKSANAAN PROGRAM KEJAR PAKET C DI PUSAT KEGIATAN BELAJAR MASYARAKAT PANCA USAHA BALECATUR GAMPING SLEMAN

Winayu, Naufal Nabih (2021) PELAKSANAAN PROGRAM KEJAR PAKET C DI PUSAT KEGIATAN BELAJAR MASYARAKAT PANCA USAHA BALECATUR GAMPING SLEMAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
fulltext_naufal nabih winayu_17102244001.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan pelaksanaan program kejar paket C di PKBM Panca Usaha Balecatur Gamping Sleman, (2) Mendeskripsikan faktor-faktor yang menjadi pendukung pelaksanaan program kejar paket C di PKBM Panca Usaha Balecatur Gamping Sleman, (3) Mendeskripsikan faktor-faktor yang menjadi penghambat pelaksanaan program kejar paket C di PKBM Panca Usaha Balecatur Gamping Sleman. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah dengan deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan di PKBM Panca Usaha Gamping Sleman. Subjek penelitian, yaitu: Kepala PKBM, dua Tutor, satu Staff Tata Usaha, dan empat warga belajar. Metode pengumpulan data yang digunakan, yaitu: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen utama dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri yang di bantu dengan instrumen pedoman sederhana. Teknik yang digunakan untuk pengecekan keabsahan data yaitu Triangulasi Sumber dan Triangulasi Metode. Analisis data meliputi: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian: (1) Pelaksanaan program kejar paket C di PKBM Panca Usaha Balecatur Gamping Sleman pada hari Jum`at, Sabtu, dan Ahad, dari pukul 14.30 – 19.00 WIB. Kurikulum program kejar paket C menggunakan kurikulum 2013 pendidikan non formal. Administrasi tutor teridentifkasi adanya ketersediaan silabus, RPP, program pembelajaran, program semester, program tahunan, dan blangko cacatan evaluasi pembelajaran. Sumber belajar program kejar paket C terdiri dari modul, video pembelajaran, gambar/poster. Metode pembelajaran program kejar paket C di lakukan dengan tatap muka langsung, praktek lapangan, Problem Based Learning, dan secara online. Penyelenggaraan program Paket C sudah terlaksana dengan baik, dari segi perencanaan pembelajaran, peserta didik, tutor dan administrasi. (2) Faktor pendukung pelaksanaan program kejar paket C PKBM Panca Usaha meliputi: faktor sarana prasarana kelas pembelajaran, Tersedianya tutor yang ahli dibidangnya, dan dukungan dana pendidikan dari Dinas Pendidikan, dana BOP, kelurahan Balecatur Gamping, serta sumbangan warga masyarakat sebagai donatur. (3) Faktor penghambat meliputi: kehadiran warga belajar yang belum maksimal karena banyak yang bekerja, ketersediaan modul pembelajaran yang belum sesuai jumlah warga belajar, alokasi waktu pembelajaran yang belum maksimal, tidak semua warga belajar memiliki HP dan masih ada yang tidak bisa menggunakan HP sebagai media pembelajaran, serta ketika ujian keberadaan ada yang tidak di Jogja

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pelaksanaan, Paket C, PKBM Panca Usaha
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 07 Feb 2023 01:09
Last Modified: 07 Feb 2023 01:09
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/76486

Actions (login required)

View Item View Item