PENGEMBANGAN E-MODULE TATA CARA PEMBUATAN VIDEO PEMBELAJARAN BAGI PENDIDIK PAUD DI KECAMATAN JEBUS, BANGKA BARAT, BANGKA BELITUNG

Azka, Nur Shoumi Azifah (2021) PENGEMBANGAN E-MODULE TATA CARA PEMBUATAN VIDEO PEMBELAJARAN BAGI PENDIDIK PAUD DI KECAMATAN JEBUS, BANGKA BARAT, BANGKA BELITUNG. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
fulltext_nur shoumi azifah azka_17102241031.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan hasil pengembangan e- module tata cara pembuatan video pembelajaran bagi pendidik PAUD di kecamatan Jebus, Bangka Barat, Bangka Belitung. 2) Mendeskripsikan hasil uji kelayakan e-module tata cara pembuatan video pembelajaran bagi pendidik PAUD di kecamatan Jebus, Bangka Barat, Bangka Belitung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan 4D dari Thiagarajan, yaitu: 1) define (pendefinisian), 2) design (perencanaan), 3) develop (pengembangan), dan 4) dissemination (penyebarluasan). Namun, pada penelitian ini hanya dilakukan hingga pada tahap pengembangan. Subjek penelitian ini meliputi ahli materi, ahli media dan pendidik PAUD di kecamatan Jebus. Objek penelitian ini berupa e-module lembar penilaian kelayakan oleh ahli materi, lembar penilaian kelayakan oleh ahli media, dan angket penilaian dari pengguna (pendidik PAUD). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terbentuknya e-module tata cara pembuatan video pembelajaran bagi pendidik PAUD di kecamatan Jebus berbasis web learning, 2) e-module telah memenuhi uji kelayakan sebagai media pembelajaran bagi pendidik PAUD dengan perolehan rata-rata keseluruhan persentase skor penilaian dari ahli materi sebesar 93,25% dengan kategori sangat layak, 94,37% dengan kategori sangat layak oleh ahli media dan 93, 39% dengan kategori sangat layak oleh pengguna.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, e-module, video pembelajaran
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 07 Feb 2023 01:05
Last Modified: 07 Feb 2023 01:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/76484

Actions (login required)

View Item View Item