PENGARUH DUKUNGAN ORANGTUA DAN PEMBELAJARAN DARING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PROGRAM PAKET C DI PKBM SE-KOTA SINGKAWANG

Az Zahra, Ummu Latifa (2021) PENGARUH DUKUNGAN ORANGTUA DAN PEMBELAJARAN DARING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PROGRAM PAKET C DI PKBM SE-KOTA SINGKAWANG. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
fulltext_ummu latifa az zahra_17102241049.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh dukungan orangtua dengan motivasi belajar peserta didik program paket C di PKBM se-Kota Singkawang, (2) pengaruh pembelajaran daring dengan motivasi belajar peserta didik program paket C di PKBM se-Kota Singkawang, (3) pengaruh dukungan orangtua dan pembelajaran daring terhadap motivasi belajar peserta didik program paket C di PKBM se-Kota Singkawang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi yang diambil dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik paket C di PKBM se-Kota Singkawang dengan kriteria: (1) peserta didik belum menikah, (2) tinggal bersama orangtua, (3) melaksanakan pembelajaran daring. Peserta didik yang memenuhi kriteria berjumlah 37 orang. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan observasi, wawancara dan penyebaran angket secara online. Uji validitas pada penelitian ini melalui 2 tahap yaitu tahap validitas bersama ahli dan dilanjutkan dengan uji validitas instrumen menggunakan bantuan aplikasi IBM SPSS statistics 25 menggunakan analisis Korelasi Product Moment .Uji reliabilitas pada penelitian ini menggunakan rumus alpha cronbach pada Aplikasi IBM SPSS Statistics 25. Analisis data penelitian ini menggunakan analisis data regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara dukungan orangtua dan pembelajaran daring terhadap motivasi belajar peserta didik program paket C di PKBM se-Kota Singkawang, ditunjukan dengan persamaan regresi bergandanya yaitu Y=10,08+0,203X1+0,424X2, nilai signifikansi (sig) sebesar 0,000 < 0,005, sedangkan perolehan R square sebesar 0,526 artinya pengaruh variabel dukungan orangtua dan pembelajaran daring secara bersamaan terhadap motivasi belajar adalah sebesar 52,6% sementara 47,4% lainnya motivasi belajar dipengaruhi oleh faktor selain yang diteliti, (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara dukungan orangtua dan motivasi belajar peserta didik program paket C di PKBM se-Kota Singakawang, ditunjukan dengan persamaan regresi liniernya yaitu Y=10,08+0,203X1, serta nilai signifikansi (sig) 0,033 <0,05, (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara pembelajaran dukungan orangtua terhadap motivasi belajar peserta didik program paket C di iii PKBM se-Kota Singkawang, ditunjukan dengan persamaan regresi liniernya yaitu Y=10,08+0,424X1, serta nilai signifikansi (sig) 0,000 <0,05

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Dukungan Orangtua, Pembelajaran daring, Motivasi belajar, Peserta didik, Program paket C
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 07 Feb 2023 01:02
Last Modified: 07 Feb 2023 01:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/76483

Actions (login required)

View Item View Item