KESIAPAN ORANG TUA DALAM MENDAMPINGI ANAK USIA DINI BELAJAR DI RUMAH (Studi di TK ABA As-Salam)

Nuun, Khusnul (2021) KESIAPAN ORANG TUA DALAM MENDAMPINGI ANAK USIA DINI BELAJAR DI RUMAH (Studi di TK ABA As-Salam). S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
fulltext_khusnul nuun_17102241033.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan : (1) Kesiapan orang tua dalam mendampingi anak usia dini belajar di rumah ditinjau dari segi latar belakang pendidikannya (2) Bentuk pendampingan orang tua dalam mendampingi anak usia dini belajar di rumah (3) Hasil pendampingan orang tua dalam mendampingi anak usia dini belajar di rumah (4) Faktor pendukung dan penghambat orang tua dalam mendampingi anak usia dini belajar di rumah. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek Penelitian ini meliputi orang tua murid dan guru TK ABA As- Salam. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah model Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa (1) Kesiapan orang tua dalam mendampingi anak usia dini belajar di rumah ditinjau dari latar belakang pendidikannya, orang tua murid TK ABA As-Salam yang berpendidikan tinggi memiliki kesiapan yang lebih matang dibandingkan dengan orang tua yang berpendidikan rendah. (2) Bentuk pendampingan orang tua berupa pendampingan belajar yang meliputi a) menyediakan fasilitas belajar, b) memberikan motivasi atau mengawasi kegiatan belajar anak di rumah, c) mengawasi penggunaan waktu belajar anak di rumah, d) mengenal kesulitan-kesulitan anak dalam belajar, dan e) menolong anak mengatasi kesulitannya dalam belajar. (3) Hasil pendampingan orang tua yaitu : a) pekerjaan/aktivitas orang tua menjadi terganggu, b) orang tua tidak melaksanakan semua rencana pelaksanaan pembelajaran mingguan (RPPM), c) orang tua mengalami stress ketika mendampingi anak usia dini belajar di rumah, dan (d) hasil kegiatan belajar anak usia dini selama di rumah menurun. (4) Faktor pendukung orang tua yaitu : (a) kewajiban sebagai seorang ibu, (b) tanggung jawab orang tua, (c) kesabaran orang tua dalam mengajari anak, (d) keinginan diri sendiri, (e) memberikan pemahaman pengetahuan dan (f) memiliki waktu luang yang banyak untuk anak. Faktor penghambat orang tua yaitu : (a) kesibukan orang tua, (b) tidak ada background ilmu pendidikan guru, (c) kurangnya pemahaman materi oleh orang tua, (d) orang tua emosinya tidak stabil dan stress, (e) mood anak yang tidak stabil, (f) anak sulit berkonsentrasi, (g) teman sebaya (anak jadi lebih berat bermain dari pada belajar), (h) gangguan saudara (adik), (i) anak lebih percaya pada guru daripada orang tua serta (j) keterbatasan gadget dan koneksi internet.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kesiapan, Orang tua, Mendampingi, Belajar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 07 Feb 2023 00:58
Last Modified: 07 Feb 2023 01:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/76482

Actions (login required)

View Item View Item