PERBEDAAN HASIL PENERAPAN ANTARA MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS ASSISTED INDIVIDUALIZATION DAN KONVENSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD N TIMURAN KOTA YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2011/2012

ARIEF RAHMAT, SETYAWAN (2012) PERBEDAAN HASIL PENERAPAN ANTARA MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS ASSISTED INDIVIDUALIZATION DAN KONVENSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD N TIMURAN KOTA YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2011/2012. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
COVER - 08108244057.pdf

Download (965kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1 - 08108244057.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2 - 08108244057.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5 - 08108244057.pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN - 08108244057.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil penerapan antara model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization dan konvensional terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SD N Timuran Kota Yogyakarta tahun ajaran 2011/2012. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu untuk mencari perbedaan hasil penerapan treatment (perlakuan) model pembelajaran kooperatif tipe TAI dan model pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD N Timuran Kota Yogyakarta. Penelitian ini dilakukan dalam tujuh kali pertemuan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD N Timuran Kota Yogyakarta yang jumlah populasinya adalah 55 siswa dan sampel yang digunakan berjumlah 48 yang dibagi menjadi 2, yaitu kelas eksperimen dan kontrol. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah tes dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis uji t. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya perbedaan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization dan model pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SD N Timuran Kota Yogyakarta. Perbedaan model pembelajaran kooperatif tipe TAI dan model pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar siswa kelas IV pada subpokok bahasan pecahan tersebut dapat dilihat dari selisih nilai rata-rata. Selisih nilai ratarata (mean) pretest dan posttest antara kelas eksperimen (2,47) yang lebih tinggi dari pada kelas kontrol (0,7).

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization dan Model Pembelajaran Konvensional, Hasil Belajar Matematika Kelas IV SD.
Subjects: Perpustakaan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 27 Nov 2012 03:01
Last Modified: 29 Jan 2019 17:09
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/7647

Actions (login required)

View Item View Item