PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DARING MELALUI WEBSITE SETARA DARING DALAM PEMBELAJARAN PAKET C DI SKB PURWOKERTO

Daniswara, Jihan (2021) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DARING MELALUI WEBSITE SETARA DARING DALAM PEMBELAJARAN PAKET C DI SKB PURWOKERTO. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
fulltext_jihan daniswara_17102241030.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) mendeskripsikan proses pelaksanaan pembelajaran berbasis SeTARA Daring pada murid Paket C di SKB Purwokerto (2) Mendeskripsikan partisipasi warga belajar dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran berbasis SeTARA Daring pada murid Paket C di SKB Purwokerto (3) Mendeskripsikan hambatan yang terdapat dalam pelaksanaan pembelajaran berbasis SeTARA Daring pada murid Paket C di SKB Purwokerto (4) Mendeskripsikan manfaat yang didapat oleh warga belajar setelah SKB menerapkan pembelajaran berbasis SeTARA Daring. Penelitian yang dilaksanakan di SKB Purwokerto ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini merupakan penanggung jawab SeTARA Daring, tutor dan pamong, serta peserta didik Paket C di SKB Purwokerto. Subjek penelitian sendiri dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan dokumentasi, wawancara, dan observasi. Analisis data dilakukan dengan melalui beberapa tahap yaitu pengumpulan data, trianggulasi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) proses pelaksanaan pembelajaran daring dengan menggunakan SeTARA Daring meliputi beberapa tahap antara lain (a) tahap mempersiapkan bahan ajar dan silabus, (b) tahap sosialisasi, (c) tahap koordinasi, dan (d) pelaksanaan pembelajaran yang didalamnya meliputi kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. (2) Adanya partisipasi peserta didik dalam melaksanakan pembelajaran daring melalui SeTARA Daring (3) Terdapat beberapa hambatan dalam pelaksanaan pembelajaran daring melalui SeTARA Daring yaitu hambatan teknis dan hambatan non teknis, (4) Manfaat yang dicapai dari adanya pembelajaran daring dengan memanfaatkan SeTARA Daring adalah adanya peningkatan kemampuan peserta didik dan tutor terhadap teknologi informasi, menghemat pendanaan dan tenaga, serta terciptanya pembelajaran yang mudah untuk diakses dimanapun dan kapanpun.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran daring, SeTARA Daring, Sanggar Kegiatan Belajar (SKB)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 06 Feb 2023 01:26
Last Modified: 06 Feb 2023 01:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/76461

Actions (login required)

View Item View Item